Kreatif, SDN 3 Gemaharjo Tegalombo Gelar Panen Karya Bertajuk ‘Sari Ketan’

oleh -Dibaca 137 kali
GELAR KARYA. Siswa SDN 3 Gemaharjo menggelar karya Sari Ketan pada Sabtu (21/1/2023). (Foto: Dok untuk Pacitanku)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo menggelar acara bertajuk panen karya.

Kepala Sekolah SDN 3 Gemaharjo Pacitan, Eko Supariono mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengenali bakat anak didiknya dengan pelaksanaan selama dua hari.

Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan Gebyar Religi, dimana anak- anak menyuguhkan pertunjukkan yang merupakan  hasil  dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di  sekolah.

“Yang meliputi hafalan Asmaul Husna, Seni Hadroh,dan Qiroah, sedangkan untuk hari ke dua, diisi dengan Gebyar Seni dan Budaya, anak – anak dengan bangga menampilkan bakatnya di berbagai seni seperti karawitan, tari pucangganong, tari tradisional dan tari kreasi, pantomim, dan juga menampilkan hasil ekstrakurikuler pramuka,”jelasnya, Sabtu (21/1/2023).

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan selain menampilkan tampilan anak- anak, masing – masing kelas dengan bangga memamerkan karya yang merupakan hasil dari program Sabtu Beri Keterampilan Anak atau ‘Sari Ketan.’

Eko mengungkapkan kegiatan Panen Karya ini merupakan salah satu cara sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik untuk dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu program sekolah penggerak. Dalam menyelenggarakannya acara ini, ia menggandeng para guru, siswa dan wali murid terkait untuk kelancaran acara,”paparnya.

Eko menyebut kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan.

“Antusiasme dari seluruh warga SDN 3 Gemaharjo sangat positif , orang tua / wali murid memberikan dukungan sepenuhnya untuk acara ini,”tandasnya.

Adapun karya yang mereka buat merupakan hasil dari pembelajaran selama satu semester ganjil ini. Sementara, tema kewirausahaan yang ia buat sebagai bentuk pelaksanaan kurikulum merdeka, yang di lakukan oleh kelas 1 dan kelas 4.

Karya yang ditampilkan dari masing- masing kelas juga sesuai dengan materi yang dipelajari, seperti bunga dari tutup botol , tempat pensil dari barang bekas, figura dari stik es krim, mainan dari barang bekas, seni batik ikat dan masih banyak lagi.

“Harapanya, setelah ini bisa membuat kegiatan lebih bagus dan lebih meriah lagi, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena adanya dukungan dari pengawas sekolah, orang tua/ wali murid, para tenaga pendidik dan kependidikan SDN 3 Gemaharjo serta para siswa yang saling sinergi dan berkolaborasi,”pungkasnya.  

No More Posts Available.

No more pages to load.