Partai Demokrat Konsolidasi Internal di Kampung Halaman SBY di Pacitan, ini Agenda yang Dibahas

oleh -Dibaca 176 kali
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY tiba di Pacitan pada Jumat (14/1/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Majelis Tinggi Partai Demokrat akan menggelar pertemuan dan konsolidasi internal petinggi partai untuk membicarakan sejumlah agenda Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Pertemuan itu digelar sejak Jumat (13/1/2023) hingga Minggu (15/1/2023) di kampung halaman Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

Hadir sejumlah petinggi partai dalam pertemuan itu yang diawali dengan kehadiran Ketua MTP yang juga Presiden ke-6 RI SBY, Sekretaris MTP Partai Demokrat Andi Mallarangeng, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono dan Ketua DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo.

Selanjutnya disusul sejumlah petinggi partai lainnya seperti Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan sejumlah pengurus teras DPP Partai Demokrat.

Lalu, apakah konsolidasi internal itu terkait dengan pembahasan khusus pemilihan Presiden dan wakil Presiden?

Ketua Departemen Perekonomian Nasional DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo saat dikonfirmasi Pacitanku.com melalui sambungan telepon membenarkan adanya pertemuan dan konsolidasi internal partainya tersebut di Pacitan.

“Secara umum (agendanya) retreat ya mas (wartawan), kita ada pembahasan berbagai isu baik nasional dan global,”kata Sartono.

Retreat yang dimaksud adalah acara konsolidasi internal partai membahas sejumlah isu terkini, termasuk persiapan Partai Demokrat menghadapi Pemilu 2024.

“Secara umum juga kita ada agenda ke arah pemenangan Pemilu 2024, juga strategi yang tentunya pertemuan internal yang tidak bisa dipublish,”jelas anggota DPR RI ini.

Untuk isu nasional, kata Sartono, sejumlah hal yang dibahas di Pacitan diantaranya adalah terkait keputusan Partai Demokrat yang secara tegas sudah memiliki sikap menolak wacana pelaksanaan sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024.

“Ini juga pembahasan isu nasional termasuk Perppu, juga kaitan dengan isu Pemilu proporsional terbuka dan proporsional tertutup, dimana Partai Demokrat sudah punya sikap (menolak wacana sistem proporsional tertutup),”jelasnya.

Terkait kemungkinan khusus pembahasan pencapresan, Sartono mengungkapkan hal itu akan dibahas khusus di Jakarta bersama elemen partai koalisi lainnya.

“Kalau di Pacitan ini pembahasan persiapan secara umum ya mas, tapi kalau pembahasan untuk khusus Pilpres itu dibahas mungkin di Jakarta, dengan partai koalisi lainnya,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.