Polda Jatim Pantau Kesiapan Jelang Liburan Akhir Tahun di Pacitan

oleh -Dibaca 153 kali
PANTAU KESIAPAN. Irwasda Polda Jatim saat berbincang dengan awak media usai pemantauan kesiapan jelang liburan tahun baru. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Jawa Timur Kombes Pol Mohamad Aris melakukan pengecekan kesiapan Polres Pacitan menyambut liburan akhir tahun dan tahun baru di Pacitan pada Rabu (28/12/2022).

Kombes Aris meninjau langsung pos pengamanan di kawasan alun-alun Pacitan untuk memantau sejumlah potensi kerawanan yang terjadi jelang akhir tahun di Pacitan, salah satunya adalah kerawanan bencana alam di Pacitan.

Turut hadir mendampingi Irwasda Polda Jatim mengecek kesiapan jelang akhir tahun adalah Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd dan Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto.

Saat dikonfirmasi awak media, Kombes Aris mengatakan di Pacitan ada beberapa titik yang memiliki kerawanan bencana, utamanya tanah longsor. Namun demikian, Kombes Aris mengungkapkan Pemkab sudah menyiapkan alat berat di lokasi longsor.

“Wilayah Pacitan ada beberapa titik yang rawan bencana yaitu longsor, tapi dari Pemkab sendiri sudah menyiapkan alat berat, itu yang paling penting, karena situasi alam kita tidak bisa atur, tetapi kita bisa memitigasi maupun mengantisipasi,”katanya.

Bentu antisipasi itu, kata Kombes Aris, adalah menyiagakan alat berat di sejumlah lokasi rawan longsor di Pacitan.

“Sudah dijelaskan oleh Kapolres dan kasatlantas, ada beberapa pos pengamanan, tersedia alat berat apabila sewatu-waktu ada bencana, sewaktu masyarakat membludak yang akan menikmati malam tahun baru maupun tahun baru, bisa kita antisipasi,”ungkap Kombes Aris.

Namun demikan, Irwasda berharap wilayah Pacitan tetap aman dan tidak ada bencana meski akhir-akhir ini seringkali terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Pacitan.

“Kita berharap wilayah Pacitan tetap aman, tidak ada bencana, situasi saat ini hujan, semoga Pacitan tidak ada banjir dan longsor, itu harapan kita bersama, tapi Polres dan Pemkab sudah mengantisipasi hal tersebut dengan siaga alat berat,”paparnya.

Di sisi lain, Irwasda mengungkapkan Polres Pacitan juga perlu melakukan langkah antisipasi terkait laka lantas mengingat diprediksi akan ada lonjakan pengunjung wisatawan yang datang ke Pacitan di masa libur tahun baru. Utamanya adalah pengunjung dari Jateng dan DI Yogyakarta.

“Tentunya wilayah jateng jalannya bagus dan luas dan lebar ini perlu juga diantisipasi oleh Pak  kapolres dan jajaran, yaitu antisipasi laka lantas, karena kita yakin masyarakat Jateng, Solo, Jogja akan banyak yang menuju ke Pacitan,”pungkasnya.