Tim Saber DLH Pacitan Jadi Pahlawan “Sampah” Festival Ronthek 2022

oleh -3 Dilihat
Bersih-bersih. Tim Saber DLH Pacitan bersih-bersih sampah Festival Ronthek Pacitan pada Sabtu (17/12/2022). (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Usai sudah gelar Festival Ronthek Pacitan 2022 (FRP). Acara yang digelar selama dua hari mulai tanggal 16 Desember hingga 17 Desember 2022 ini, cukup mengobati rasa kangen masyarakat Pacitan terhadap ronthek.

Setelah dua tahun terbelenggu tidak bisa bergerak karena pandemi Covid-19, FRP 2022 seolah menjadi obat. Ribuan penonton tumpah ruah di sepanjang jalan Ahmad Yani Pacitan.

Baca juga: Hasil Festival Ronthek Pacitan 2022: Bandar, Pringkuku dan Ngadirojo Sabet Penghargaan Penyaji Terbaik

Mereka rela datang lebih awal agar mendpaatkan tempat duduk untuk melihat penampilan tiap peserta dari masing masing masing kecamatan.

Meskipun sempat diguyur hujan deras  selama kurang lebih 15 menit  saat acara berlangsung, namun tidak menyurutkan semangat  penonton dan peserta. Mereka masih dengan antusias mengikuti rangkaian FRP 2022 hingga selesai .

Ucapan selamat dan syukur akan suksesnya acara FRP 2022 diucapkan bupati Pacitan saat akhir rangkaian festival.

“Allhamdulillah. FRP 2022 telah berjalan sukses. Terimakasih para peserta, terimakasih para penonton, Masyrakat Pacitan. Tetap semangat dan sehat selalu untuk kita semua,”kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Minggu (18/12/2022).

Suksesnya FRP 2022, bukan berarti usai juga seluruh proses acara, ketika semua peserta pulang, penonton bubar, panitia berbenah, ada satu hal yang masih tersisa dilokasi acara, yaitu sampah.

Sampah selalu menjadi sesuatu yang  tertinggal di lokasi acara setiap event, walaupun panitia telah menyediakan kantong sampah namun masih saja banyak sampah sampah yang berserakan di sepanjang jalur FRP 2022, dan jumlahnya pun sebanding dengan ribuan penonton yang hadir.

Dinas lingkungan hidup (DLH) Pacitan, menanggapi hal tersebut dengan cukup sigap. Tim sapu bersihnya menjadi pasukan gerak cepat melakukan proses pembersihan sampah.

“Tugas kami menjaga Pacitan tetap bersih. Saat semua telah usia kami langsung terjun, langsung dibersihkan. Karena akan sangat mengganggu pemandangan jika sampah berserakan dimana mana,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pacitan Cicik Roudlotul Jannah.

Tim Saber DLH  menjadi pahlawan sampah demi menjaga keindahan dan kebersihan kota.

“Menjaga kebersihan adalah tugas kita bersama. Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli sampah peduli lingkungan, menuju Pacitan BISA atau bersih, indah, sehat dan aman,”pungkas Cicik kepada pewarta.

Video Festival Ronthek Pacitan Diharapkan Mampu Promosikan Budaya Daerah

No More Posts Available.

No more pages to load.