DPRD Apresiasi Raihan WTP 9 Kali Berturut-turut Pemkab Pacitan, Capaian Baik Diharap Tetap Dipertahankan

oleh -Dibaca 106 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengapresiasi raihan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.

Baca juga: Raih WTP 9 Kali Berturut-turut, Pemkab Pacitan Raih Penghargaan dari Pemerintah RI

Menurut pria yang akrab disapa Ronny itu, capaian itu merupaka kerja keras Pemkab berkolaborasi dengan stakeholder terkait lainnya. Secara khusus dia juga berpesan agar capaian yang baik ini tetap dipertahankan.

“Alhamdulillah Pacitan kembali mendapatkan WTP 9 kali berturut-turut, ini tentu saja berkat kerja keras Pemda dan juga kolaborasi dengan DPRD dan stakeholder terkait lainnya, capaian yang baik ini kedepan kami harapkan tetap dipertahankan, dan oleh karena itu kami mengapresiasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh Pemda,”kata Ronny saat dihubungi Pacitanku.com, Kamis (17/11/2022).

Namun demikian, Ronny menilai opini WTP hanyalah salah satu faktor penilaian dari pengelolaan keuangan sesuai dengan standart akuntansi pemeirntahan.

“Tentu masih banyak hal-hal lain yang perlu dikomuniasikan, dikoordinasikan dan kolaborasikan misalkan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), misalkan dengan DPRD, dengan dunia usaha dan masyarakat dalam rangka kita membangun Pacitan kedepan yang lebih baik,”jelas legislator Partai Demokrat (PD) Pacitan ini.

Menurut Ronny, membangun Pacitan membutuhkan sinergitas dengan berbagai sektor yang kemudian disebut Kerjasama pentahelix.

“Sekali lagi, untuk membangun Pacitan kita butuh sinergitas Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat ditambah dengan akademisi dan media, itu adalah namanya kerjasama pentahelix, dalam rangka kita untuk memajukan kabupaten Pacitan kedepan,”tandas Ronny.

Ronny berharap sinergitas yang baik itu bisa dilaksanakan oleh Pemkab dalam upaya mewujudkan visi dan misi Bupati Pacitan.

“Ya kami harapkan itu bisa dilaksanakan oleh Pemda, sehingga apa yang menjadi visi dan misi Bupati itu bisa tercapai,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Republik Indonesia juga menyerahkan penghargaan WTP kepada 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Salah satu penerima penghargaan itu adalah Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Penyerahan penghargaan dari Pemerintah pusat ini diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan diterima langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji  di Hotel Bumi Surabaya, hari ini, Senin (14/11/2022).

Opini WTP sendiri merupakan penilaian tertinggi BPK RI atas Laporan Keuangan Instansi Pemerintah.

Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan sudah 11 kali memperoleh opini WTP. Adapun 9 diantaranya diterima Pacitan secara berturut-turut.

Pertama kali Kabupaten Pacitan memperoleh opini WTP untuk pemeriksaan Tahun Anggaran 2010. Selanjutnya 2011 kembali dapat opini WTP.

Kemudian tahun 2012 Kabupaten Pacitan mendapat opini WDP, kemudian mulai Tahun Anggaran 2013 sampai 2021 berturut-turut mendapat opini WTP.

No More Posts Available.

No more pages to load.