Raih WTP 9 Kali Berturut-turut, Pemkab Pacitan Raih  Penghargaan dari Pemerintah RI

oleh -Dibaca 107 kali
OPINI WTP. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menerima penghargaaan opini WTP dari Pemerintah RI pada Senin (14/11/2022) di Kota Surabaya. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pemerintah Republik Indonesia juga menyerahkan penghargaan WTP kepada 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Salah satu penerima penghargaan itu adalah Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Pacitan sendiri bersama enam daerah di Jatim sukses meraih 9 kali opini WTP secara berturut-turut, yaitu Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jombang, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ngawi.

Kali ini penghargaan diberikan kementerian Keuangan RI atas torehan prestasi Kabupaten Pacitan memperoleh opini (Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI 9 tahun berturut-turut.

Opini WTP sendiri merupakan penilaian tertinggi BPK RI atas Laporan Keuangan Instansi Pemerintah.

Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan sudah 11 kali memperoleh opini WTP.  Adapun 9 diantaranya diterima Pacitan secara berturut-turut.

Pertama kali Kabupaten Pacitan memperoleh opini WTP untuk pemeriksaan Tahun Anggaran 2010. Selanjutnya 2011 kembali dapat opini WTP.

Kemudian tahun 2012 Kabupaten Pacitan mendapat opini WDP, kemudian mulai Tahun Anggaran 2013 sampai 2021 berturut-turut mendapat opini WTP.

Penyerahan penghargaan dari Pemerintah pusat ini diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan diterima langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji  di Hotel Bumi Surabaya, hari ini, Senin (14/11/2022).

“Matur suwun, penghargaan ini bukan untuk saya pribadi, tapi untuk Pacitan yang sejahtera dan bahagia. Dengan penghargaan ini semoga menjadi pelecut menuju Pacitan yg lebih baik,”kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya berharap kepada pemerintah kabupaten/kota untuk dapat mempertahankan WTP tersebut.

“Serta juga dari penghargaan WTP yang diperoleh Kabupaten/Kota ini bisa membuat multiplayer effect terhadap kesejahteraan masyarakatnya di daerahnya,”kata Khofifah.