Ketua KPU: 8 Parpol di Pacitan Dilakukan Verifikasi Faktual untuk Jadi Peserta Pemilu 2024

oleh -Dibaca 1,274 kali
PERSIAPAN VERFAK. Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini saat rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual Parpol pada Sabtu (15/10/2022). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini mengatakan KPU akan melakukan verifikasi faktual (verfak) untuk 8 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pacitan.

Untuk melakukan korodinasi, KPU Pacitan sendiri telah menggelar rakor dengan Parpol untuk persiapan verifikasi faktual pada Sabtu (15/10/2022).

Baca juga: KPU Pacitan Segera Lakukan Verifikasi Faktual Pasca 18 Parpol Dinyatakan Penuhi Syarat Peserta Pemilu 2024

Perempuan yang akrab disapa Rini itu mengatakan 8 Parpol di Pacitan itu adalah Parpol non parliamantery threshold (PT) dan partai baru, yaitu PSI, Partai Perindo, PBB, Hanura, Garuda, PKN, Gelora, Partai Ummat dan Partai Buruh.

“Dari 18 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, 8 partai politik akan melakukan verifikasi faktual karena ada pengurusannya di Pacitan,”kata Rini, di sela rakor persiapan verifikasi faktual Parpol.

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan, dalam verifikasi faktual yang dilaksanakan selama tiga hari, KPU Pacitan juga menunggu dokumen-dokumen dari KPU Provinsi.

Dalam verifikasi faktual itu, imbuh Rini, juga memfokuskan pada dua hal, mulai dari kepengurusan hingga keanggotaan.

“Verifikasi faktual nantinya akan memfokuskan pada dua hal, pertama verifikasi faktual kepengurusan, keberadaan kantor dan keterwakilan perempuan. Kedua, verifikasi faktual keanggotaan,”jelas dia.

Selain itu, imbuh Rini, selama verifikasi KPU sebagai petugas verifikator akan hadir dikantor partai politik dengan bawaslu sebagai pengawas.

“Kita juga telah mengirimkan surat pemberitahuan ke Polres dan pemerintah daerah untuk memberitahukan jadwal verifikasi,”tandas dia.

Terkait sampling keanggotaan Parpol, Rini mengungkapkan KPU juga melakukan door to door untuk menanyakan kebenaran keanggotaan partai politik.

No More Posts Available.

No more pages to load.