Sukseskan World Cleanup Day 2022, Sebanyak 3.100 Relawan di Pacitan Gelar Bersih-bersih Sampah Serentak

oleh -Dibaca 1,033 kali
AKSI BERSIH SAMPAH SERENTAK. Para relawan saat mengikuti aksi bersih sampah serentak dalam peringatan WCD 2022 di Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Tak kurang dari 3.100 relawan dari 31 komunitas lintas sektor di Pacitan menggelar bersih-bersih sampah secara serentak dengan tajuk World Cleanup Day (WCD) 2022 pada Sabtu (17/9/2022) di Pacitan.

Leader WCD Pacitan, Yusuf Mukib saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (17/9/2022) di Arjosari menuturkan pada tahun ini kegiatan bersih-bersi sampah dalam rangka menyukseskan World Cleanup Day 2022 titik pelaksanaannya di 9 kecamatan di Pacitan dari total 12 Kecamatan.

“Untuk kegiatan ini sudah tergaung tim relawan erupa komunitas, organisasi masyarakat dan organisasi pemeirntah dengan titik pelaksanakannya, 9 kecamatan dari 12 kecamatan di Pacitan. Dan di 9 kecamatan itu adalah di tempat strategis pembuangan sampah ilegal,”kata Yusuf Mukib.

Dia berharap dengan kegiatan WCD ini, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mempertajam kepedulian terhadap lingkungan, utamanya soal sampah.

“Harapannya bukan seberapa banyak sampah yang dikumpulkan, tapi bagaimana aksi serentak secara gotong royong ini harapannya sederhana kami ingin mempertajam kepedulian kita kepada lingkungan, memupuku rasa kepedulian dan keprihatinan di Pacitan itu kondisi persampahannya seperti ini,”paparnya.

Kegiatan bersih-bersih sampah itu juga diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan sekaligus istri Bupati Pacitan, Efi Suraningsih. Saat dikonfirmasi, Efi mengapresiasi kegiatan ribuan relawan yang tergabung dalam WCD 2022 ini.

“(Kegiatannya) bagus sih mas, bagusnya itu karena peserta menyasar dari tingkat SD, karena kalau mengubah mindset tentang lingkungan hidup memang harus dimulai sejak dini,”tandasnya.

Meskipun sebenarnya, Efi juga mempunyai ekspektasi lebih kepada para ibu-ibu PKK turut terlibat dalam kegiatan kepedulian terhadap lingkungan ini.

“Kegiatannya angat bagus, Cuma saya sebenarnya mempunyai ekspektasi yang lebih, kalau bisa ibu-ibu PKK desa, harusnya ikut terlibat juga, ini tadi saya lihat masih belum, mungkin berbenturan dengan kegiatan yang lain juga atau lagi ada kendala yang lainnya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, World Cleanup Day adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.