Musim Hujan, PDHI Pacitan Himbau Peternak untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Hewan

oleh -Dibaca 1,062 kali
Proses vaksinasi hewan ternak di Pacitan oleh PDHI Pacitan, baru-baru ini. (Foto: Dok. PDHI for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Memasuki musim penghujan tahun 2022, sejumlah peternak di Pacitan diharapkan lebih waspada. Pasalnya di saat musim penghujan, ternak menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Mahendra Setyo Hantoro menjelaskan pentingnya mengantisipasi kondisi tersebut terhadap hewan ternak, utamanya di musim penghujan.

“Musim penghujan seperti ini, ditengah wabah PMK yang belum selesai, peternak dapat meningkatkan daya tahan tubuh hewan diantaranya dengan makan minum yang cukup untuk hewan ternak,”kata Mahendra, saat dikonfirmasi pada Ahad (18/9/2022) di Pacitan.

Selain pakan yang cukup, mahendra juga menjelaskan pentingnya pemberian penambahan vitamin bagi hewan ternak.”Tentunya penambahan vitamin bagi hewan ternak juga diperlukan guna meningkatkan kesehatan ternak hewan,”tandasnya.

Di sisi lain, khsuus untuk kendang ternak, Mahendra menilai kebersihan kandang ternak juga menjadi faktor lainya yang turut penting pada kesehatan hewan di musim penghujan. “Kebersihan kandang utamanya saat musim penghujan juga harus terus diperhatikan karena dapat menimbulkan penyakit pada hewan ternak,”jelas Mahendra.

Saat wabah PMK yang masih belum usai saat ini, Mahendra mengatakan jajarannya masih melakuka vaksinasi untuk hewan ternak di Pacitan.

“Vaksin ini menjadi bagian ikhtiar untuk mencegah PMK hewan ternak, karena penyabaran virus PMK yang cepat ini juga perlu diantisipasi saat musim hujan seperti ini,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.