Peringati Tahun Baru Islam, Nelayan Pacitan Gelar Lomba ‘Njolo’

oleh -Dibaca 1,422 kali
PERINGATI TAHUN BARU ISLAM. Nelayan di Pacitan menggelar lomba Njolo di pesisir Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan pada Sabtu (30/7/2022). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak kurang dari 100 nelayan di Pacitan menggelar kegiatan lomba ‘Njolo’ atau menjala dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.

Kegiatan itu digelar di pesisir Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan pada Sabtu (30/7/2022).

Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, pada tahun ini lomba Njolo kembali digelar dengan sangat meriah.

Seolah mengobati rasa kangen bertemu dan berkumpul, sedikitnya ada sekitar 100 nelayan berpartisipasi ikuti lomba njolo di pesisir Pantai Pancer Pacitan.

“Alhamdulillah, lomba njolo kali ini kembali meriah. Setelah kemarin ditahan tidak bisa. Njolo sekarang luar biasa pesertaya banyak, itu dilihat dari konsumsi yang ada sampai panitia pesen lagi,”kata panitia lomba, Sunyoto karyawan alias Kabul, Sabtu (30/7/2022).

Seratusan peserta lomba njolo dikuti dari berbagai daerah di Pacitan, seperti dari Arjosari, Ngreco, Dadapan dan Kembang.

“Kriteria penilaian lomba  diambil dari satu perolehan jumlah ikan terbanyak, ikan terbesar , atau ikan jenis khusus. Itu diambil juara satu, juara dua, juara tiga, serta juara harapan satu dan dua,”kata salah satu tim juri, Jarwoko.

Sebelum lomba dimulai, para nelayan melakukan doa bersma, agar pada awal tahun Islam ini semua mendapatkan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan. Selain itu pandemic juga segera berakhir dan rezeki datang.

No More Posts Available.

No more pages to load.