KPU Pacitan Targetkan Partisipasi Masyarakat Meningkat Pada Pemilu Serentak 2024

oleh -Dibaca 1,162 kali
Ketua KPU Pacitan 2019-2024 Sulis Styorini

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menargetkan ada peningkatan partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini saat berbincang dalam program Podcast Kertas Kosong Pacitanku TV baru-baru ini mengatakan selama ini, agenda Pemilu di Pacitan memiliki tren partisipasi masyarakat yang cukup rendah. Bahkan, kata dia, angka partisipasi di Pacitan dibawah angka nasional.

“Dibawah angka nasional Pacitan ini, hampir di setiap Pemilu angka partisipasi di Pacitan dibawah rata-rata nasional, termasuk rendah, juga terutama untuk Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) dan juga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub Jatim) cukup rendah,”kata perempuan yang akrab disapa Rini ini.

Sebagai perbandingan, angka partisipasi pemilih pada Pilbup 2015 sebanyak 59,8 persen. Kemudian, angka partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019 di Pacitan 74,8 persen. Dan terakhir pada Pilbup Pacitan 2020, angka partisipasi pemilih sebanyak 67 persen.

Meski demikian, Rini meyakini pada tahun 2024 mendatang, angka partisipasi pemilih di Pacitan meningkat. Mengingat, kata dia, Pemilu dan Pemilihan digelar serentak di tahun yang sama.

“Saya meyakini, karena banyak orang yang terlibat dalam kegiatan Pemilu 2024, yang sosialisasinya tidak hanya KPU saja, seluruh Parpol, seluruh calon bergerak untuk kampanye, sampai timsesnya kampanye, masyarakat pengetahuannya juga cukup, jadi kalau saya optimis nanti di tahun 2024 ini partisipasinya meningkat,”jelas Rini.

Berbicara target angka, Rini berharap tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang lebih dari 75 persen.“Kalau kita menargetkan lebih dari 75 persen, mudah-mudahan bisa sampai 80 persen,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemilu untuk memilih Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota akan digelar Rabu (14/2/2024). Sedangkan Pemilihan Kepala Derah serentak untuk memilih Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati atau Wali Kota/Wakil Wali Kota digelar pada Rabu (27/11/2024).

No More Posts Available.

No more pages to load.