Selamat, Lembaga Dboecah’s Pacitan Raih Anugerah KPAI 2022

oleh -Dibaca 1.162 kali
Dboecah’s Kabupaten Pacitan yang didirikan oleh akademisi Sri Pamungkas meraih anugerah KPAI 2022 untuk kategori Lembaga Layanan Masyarakat Peduli Anak. (Foto: Dok. KPAI)

Pacitanku.com, PACITAN – Lembaga karakter anak Dboecah’s Kabupaten Pacitan yang didirikan oleh akademisi Dr Sri Pamungkas meraih anugerah KPAI 2022 untuk kategori Lembaga Layanan Masyarakat Peduli Anak.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisioner KPAI Putu Elvina kepada Ketua Dboecah’s Kabupaten Pacitan Sri Pamungkas  (21/7/2022) di Hotel Redtop Jakarta.

Saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Ahad (24/7/2022), Dr Sri Pamungkas mengaku bersyukur atas raihan prestasi anugerah KPAI tersebut. Baginya hal itu adalah anugerah luar biasa.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur pada Alah SWT atas anugerah yang luar biasa ini. Kami tidak menyangka Tuhan begitu sayang kepada kami, hingga akhirnya anugerah ini diberikan kepada kami yang ada di Kabupaten,”jelasnya.

Perempuan yang juga dosen di STKIP PGRI Pacitan itu menceritakan persaingan yang cukup ketat dari lembaga layanan masyarakat seluruh Indonesia.

“Hingga waktu itu di tanggal 25 Juni kami mendapatkan kabar kalau kami masuk 6 besar nasional. awal juli kembali diumumkan kami masuk 3 besar nasional. Tahap penentuan adalah tanggal 7 Juli kemarin 3 finalis diminta presentasi dan wawancara,”paparnya.

Puncaknya, imbuh perempuan yang akrab disapa Dr Mamung ini mengatakan pada 11 Juli 2022 keluar SK Dboecah’s mendapatkan anugerah dari KPAI sebagai Lembaga Layanan Masyarakat Peduli Anak.

“Prosesnya sungguh luar biasa dari mulai pengiriman borang hingga tahap wawancara. Tentunya semua tidak lepas dari kerja tim dan trust masyarakat Pacitan kepada kami, yang menitipkan putra putrinya untuk belajar di sanggar kami,”ungkap Dr Mamung.

Lebih lanjut, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Dr Mamung berharap dalam momen ini bisa menumbuhkan kesadaran dari semua pihak bahwa masa anak tidak akan terulang.

“Anak-anak sudah seharusnya diperlakukan dengan baik, karena setiap mereka mempunyai hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Pemenuhan hak anak tentu bukan saja tanggung jawab pemerintah tetapi juga keluarga, sekolah dan masyarakat,”jelas perempuan yang juga peraih anugerah Pacitanku Inspiring Women 2020 ini.

Dr Mamung mengatakan, semua harus satu frame, karena sekecil apa pun seorang anak mereka tetap mempunya rasa, perasaan seperti halnya orang dewasa.

“Kata-kata yang baik, sikap yang baik, memperlakukan mereka dengan baik pasti akan mensupport anak-anak semakin berkualitas. Anak-anak harus kita jaga karenna mereka adalah generasi masa depan Indonesia sehingga mereka harus berkarakter baik, mau berliterasi dan mempunyai kompetensi yang baik pula,”pungkasnya.

Terpisah, dalam keterangan pers tertulisnya, Ketua KPAI Dr Susanto mengatakan anugerah KPAI 2022 sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi lintas kementerian/Lembaga, Pemda Prov/Kab/Kota agar bergerak bersama untuk memberikan kepentingan terbaik bagi anak-anak Indonesia.

“Semoga upaya mewujudkan anak Indonesia yang sehat, berakhlak, berkarakter dan bahagia segera terwujud, ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan inovasi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD), Organisasi Profesi, Aparat Penegak Hukum, kelompok masyarakat dan perorangan yang telah berkontribusi aktif terkait perlindungan anak,”kata Dr Susanto.

Video Hobi Baca Sejak Kecil, Bu Mamung Kini Jadi Dosen Bergelar Doktor di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.