Longsor di Tegalombo Kembali Putuskan Jalur Pacitan-Ponorogo

oleh -Dibaca 1.275 kali
STANBY. Petugas dan relawan bencana berada di lokasi untuk mengeruk material longsor di Pucangombo pada Sabtu (26/3/2022) malam. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Tanah longsor membuat jalur Pacitan-Ponorogo terputus total dari dua arah. Longsor tersebut terjadi tepatnya di wilayah Plengkung, Dusun Semburan, Desa Ploso Kecamatan Tegalombo pada Sabtu (26/3/2022) sore.

Bhabinkamtibmas Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo Arie Wibi dalam video laporannya yang diunggah di akun Instagram Polres Pacitan, Sabtu sore mengatakan longsor tersebut terjadi di kilometer 37 jalur Ponorogo-Pacitan.

“Selamat sore, mohon izin komandan melaporkan di jalur Ponorogo-Pacitan tepatnya di kilometer 37 sampai saat ini masih terjadi longsoran sehingga menutup jalan total dan mengakibatkan pengendara dari arah Ponorogo Pacitan dan sebaliknya masih belum bisa melewati,”demikian laporan Arie Wibi.

Lebih lanjut, Arie Wibi mengungkapkan kendaraan alat berat sudah standby di lokasi kejadian tanah longsor.

“Alat berat standby karena belum bisa melaksanakan pengurukan karena masih terjadi longsoran susulan sehingga menunggu sampai tanah yang berjatuhan selesai, demikian komandan terimakasih,”pungkasnya.

Saat ini aparat kepolisian, TNI, TRC BPBD, UPT PJJ Binamarga dan masyarakat serta elemen relawan lain berada di lokasi.

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi material longsor belum dilakukan menyusul kondisi tanah yang belum memungkinkan.

Sebagai informasi, ini adalah kali kedua dalam kurun waktu dua hari terakhir kejadian tanah longsor di Kecamatan Tegalombo menyebabkan jalur utama Pacitan-Ponorogo mengalami ketersendatan.

Sebelumnya, pada Kamis (24/3/2022) petang, ruas Ngasem Pucangombo juga terjadi longsor dan sempat membuat jalur dari Pacitan-Ponorogo mengalami ketersendatan sebelum akhirnya bisa diurai beberapa jam berselang.

Ralat Judul Berita:
Sebelumnya tertulis Desa Pucangombo, namun setelah dikonfirmasi yang benar titik ruas longsor tersebut masuk ke Dusun Semburan, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo. Atas kesalahan redaksi memohon maaf.

No More Posts Available.

No more pages to load.