Mahasiswa KKN UNS Buat Metode Pengajaran Menyenangkan untuk Anak-Anak SDN 1 Ngromo

oleh -Dibaca 3.643 kali
KKN di Ngromo. Mahasiswa KKN UNS 119 saat mengajar di SDN 01 Ngromo, Kecamatan Nawangan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) kelompok 119 menyelenggarakan rangkaian kegiatan belajar mengajar di tempat pendidikan formal Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan.

Kegiatan itu dikemas dengan metode pengajaran menyengkan yang edukatif melalui fun english, seni mural, keterampilan paper quilling dan mewarnai gambar seni lokal.

Metode pengajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan disalurkan melalui kegiatan fun english di SD Negeri 01 Ngromo, Kecamatan Nawangan anak-anak kelas 1-3 SD diajarkan kosa kata binatang dengan menggunakan flash card. Metode ini dirasa mudah untuk dipahami dan diingat oleh anak-anak.

Pengajaran keterampilan paper quilling atau seni menggulung kertas ini menggunakan kertas bekas.

Melalui seni, anak-anak diajarkan melukis dengan cat air pada media pagar sekolah. Tujuan kegiatan ini untuk memperindah sekaligus mengembangkan kreatifitas anak dengan kegiatan di luar kelas.

Berbeda dengan kegiatan fun english, outing class mural ini diikuti oleh seluruh siswa SDN 01 Ngromo pada Kamis (24/2/2022).

“Anak-anak jadi punya semangat baru dan antusias saat belajar di sekolah, melalui rangkaian kegiatan ini kami juga berterima kasih sehingga anak-anak menjadi termotivasi untuk mengembangkan bakat dan minat,”kata Kepala SDN 01 Ngromo, Juwari.

Pengajaran keterampilan paper quilling atau seni menggulung kertas ini menggunakan kertas bekas yang digulung dan ditempel dengan rapi.

Kegiatan mural siswa SDN 01 Ngromo pada Kamis (24/2/2022).

Anak-anak mampu mengkreasikan sesuai desain dekoratif yang ingin dibuat agar menghasilkan karya seni yang indah dan menawan, dari kegiatan ini anak-anak dilatih untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya.

“Kami baru saja tahu keterampilan paper quilling ini dari kakak-kakak KKN, kegiatan ini terasa menarik dan menyenangkan, setelah dari sekolah pun kami bisa mempraktekkannya di rumah,”kata Lia, siswa kelas 6 SD N 01 Ngromo.

Tak hanya belajar keterampilan dan bahasa Inggris, anak-anak diberi wawasan mengenai kebudayaan daerah setempat yaitu Tari Ngremo oleh mahasiswa KKN UNS 119 yang dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai. Antusiasme anak-anak terlihat dari hasil karya mereka yang dilombakan.

No More Posts Available.

No more pages to load.