Peternak Kambing Dukung Penambahan Puskeswan di Pacitan

oleh -Dibaca 1.060 kali

Pacitanku.com, PACITAN — Kualitas peternakan sebuah daerah juga dapat di ukur dari tingkat kesehatan hewan ternak.

Baru-baru ini ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Pacitan menjelaskan pentingnya penambahan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kabupaten Pacitan.

Menanggapi hal tersebut, peternak kambing di Pacitan menyambut baik adanya Puskeswan di Pacitan.

Menurut Sumar, salah satu peternak kambing di Kecamatan Pacitan penambahan puskeswan dapat meningkatkan kualitas hewan.

“Ya setuju mas kalau di perbanyak puskeswannya maju pasti peternak juga sejahtera,”kata dia, Ahad (30/1/2022) di Pacitan.

Menurut dia, selain perihal kesehatan puskeswan juga dapat sebagai sarana konsultasi peternak-peternak tradisional. “Kan nanti kalau Puskeswan ada, (manfaatnya) banyak, bisa untuk saling konsultasi terkait kesehatan hewan,”tandasnya.

Sebelumnya, ketua PDHI Pacitan Mahendra Setyo Hantoro mengatakan jika kedepan di Pacitan perlu ditambah adanya puskeswan. Menurutnya Puskeswan bermanfaat agar kesehatan hewan dapat di tingkatkan di Pacitan.

“Penguatan fasilitasi di tiap kecamatan perlu ada sarana tempat untuk pemeriksaan hewan di Pacitan, penambahan pusat kesehatan hewan tentu kita harapkan dapat ditambah di Pacitan,”kata Mahendra.

Sehingga, Mahendra berharap bisa ada pelayanan yang semakin tumbuh di masyarakat.

“Dan untuk rekan-rekan dokter hewan digiatkan kembali untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dan adanya kemampuan kapasitas sumberdaya dokter hewan di Pacitan,”pungkasnya.