Dulu Sering Kebanjiran, Puskesmas Kebonagung kini Pindah dan Punya Gedung Megah Bebas Banjir

oleh -Dibaca 826 kali
MEGAH. Gedung baru Puskesmas Kebonagung kini bebas banjir. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Harapan masyarakat dan juga pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) terutama pengelola Puskesmas Kebonagung memiliki Gedung yang bebas banjir kini terwujud. Hal itu seiring diresmikannya Gedung baru Puskesmas Kebonagung yang megah dan bebas banjir.

Sebelumnya, Gedung lama Puskesmas Kebonagung sering kebanjiran. Hal itu dikarenakan luapan sungai dan area lokasi yang tergolong rendah, disertai curah hujan tinggi sering mengakibatkan Puskesmas Kebonagung menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Guna menghindari potensi banjir seperti di tahun-tahun sebelumnya terjadi, Pemkab Pacitan merelokasi atau memindahkan gedung kantor Puskesmas Kebonagung.

Pemilihan lokasi yang baru pun tidak asal-asalan, letaknya berada tepat di Jalur Lintas Selatan (JLS) Jalan Raya Kebonagung kilometer 6.

“Relokasi Puskesmas ini dialihkan ke tempat yang lebih aman dan strategis supaya tidak mengganggu pelayanan kesehatan dan terhindar dari dampak yang tidak diinginkan,”kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka mengutip dari laman Dinkes Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa dr Hendra ini mengungkapkan, relokasi ini merupakan langkah tepat, melihat lokasi gedung yang rawan terdampak banjir terutama pada Kuartal ke-4 tiap tahunnya.

“Dari beberapa tahun kemarin banyak kerugian yang ditimbulkan, seperti alat kesehatan, obat, dan dokumen penting, ludes ikut terendam banjir,”imbuhnya.

Pada Selasa (28/12/2021) kemarin, gedung Puskesmas Kebonagung diresmikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

Di hari yang sama pula, Bupati meresmikan ruang rawat inap Puskesmas Punung dan Puskesmas Pembantu Ngile yang juga selesai direhabilitasi.

“Semoga dengan dibangunnya kantor Puskesmas yang baru, bisa memberikan dampak signifikan terhadap pelayanan kesehatan, utamanya pelayanan bagi masyarakat Pacitan,”kata Bupati.