Punya Sepatu Kulit Tapi Bingung Merawatnya? Yuk Ikuti Tips Dibawah Ini!

oleh -Dibaca 85 kali

Pacitanku.com — Sepatu kulit merupakan sepatu yang terbuat dari kulit hewan yang sudah dikenal sejak pertama kali manusia ada di bumi. Sepatu kulit masih menjadi salah satu jenis sepatu yang banyak digunakan oleh orang-orang karena memiliki sifat tahan lama, fleksibel, dan nyaman digunakan kemanapun.

Selain itu, sepatu kulit juga mampu menyerap bau secara maksimal karena memiliki pori serta sirkulasi udara yang lancar, membuat bau kaki bisa dihilangkan dengan mudah. Selain teksturnya yang kuat, sepatu dengan bahan kulit juga tahan lama sehingga bisa menghemat.

Akan tetapi, karena terbuat dari bahan utama kulit, hal ini membuat sepatu jenis ini membutuhkan perawatan ekstra dan hati-hati agar kulit sepatu tidak mengelupas dan malah merusak sepatu. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips cara merawat sepatu kulit yang mungkin bisa membantu Anda!

1. Membersihkan sepatu kulit Anda di seluruh area sudut sepatu

Langkah pertama dalam merawat sepatu kulit Anda adalah selalu menjaga kebersihannya dengan baik, agar sepatu kulit Anda terhindar dari debu dan kotoran dengan sikat yang lembut. Perhatikan juga, jika sepatu kulit Anda memiliki lapisan dibawahnya, maka gunakan sabun lembut dan kain lembab untuk membersihkan permukaan sepatunya.

Sebaiknya hindari penggunaan spons karena banyak mengandung bahan kimia yang dapat merembes keluar dan berdampak pada kulit sepatu Anda nantinya. Jika sepatu kulit Anda terkena air atau garam, maka campurkan dua bagian air ke dalam satu cuka putih, dan oleskan ke area yang terkena noda, lalu usap hingga hilang.

2. Atur waktu pemakaian sepatu

Langkah kedua perawatan sepatu kulit Anda adalah mengatur jadwal pemakaian sepatu kulit Anda. Biarkan sepatu kulit Anda istirahat setidaknya satu hari setelah dipakai, sehingga membantu memperpanjang umur sepatu Anda. Sepatu kulit yang dipakai secara terus menerus akan memperpendek umurnya. Untuk itu sebaiknya pakailah pada pertengahan musim panas sebagai bentuk perawatannya. Berikan mereka juga waktu istirahat sebagai waktu bernapas bagi mereka.

3. Gunakan pengaman sepatu

Dengan menggunakan aksesori kecil yakni pengaman sepatu ini akan membantu Anda agar tidak tergelincir ketika menggunakan sepatu kulit. Hal ini akan memudahkan Anda ketika menggunakannya tanpa harus merusak tekstur sepatu kulitnya. Dengan mencoba alat ini maka sepatu kulit Anda akan terhindari dari lekukan dan goresan ketika Anda sulit menggunakan sepatu ini.

4. Hindari cuaca buruk

Sebagai langkah perawatan sepatu kulit Anda, maka sebaiknya Anda harus memperhatikan kondisi cuaca dan menghindari menggunakannya ketika dalam cuaca yang buruk seperti kondisi hujan maupun bersalju. Jika sepatu kulit Anda dalam keadaan basah, maka jangan letakkan di dekat panas langsung karena dapat merusak tekstur kulit sepatunya.

Cara lainnya adalah Anda bisa membersihkannya dengan Koran atau handuk sehingga dapat menyerap kelembaban dan kering secara alami.

5. Bawalah Kantung Plastik Saat Bepergian

Cara lain untuk merawat sepatu kulit Anda adalah dengan memanfaatkan kantong plastik saat bepergian untuk menyimpan sepatu Anda ke dalam kantong plastik agar terhindar dari debu. Selain itu, plastik ini mampu melindungi sepatu Anda dari lecet dan menjaganya dari kotoran yang akan menempel.

6. Poles Sepatu

Selain beberapa cara diatas, Anda juga perlu memoles sepatu agar terlihat seperti tampak baru. Pemolesan ini tidak akan mempengaruhi umur sepatu kulit. Pemolesan ini berguna untuk menambah kilau dan kesegaran pada sepatu kulit. Anda bisa memolesnya dengan berbagai semir sepatu yang sesuai dengan jenis sepatu kulit yang Anda miliki.

Itulah beberapa tips dalam merawat sepatu kulit yang mungkin berguna bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Jika Anda tertarik dengan sepatu kulit, maka tepat sekali nih. Sebentar lagi akan ada diskon Belanja Shopee 12.12 Birthday Sale yang akan berlangsung hingga 12 Desember 2021 mendatang. Agar Anda tidak ketinggalan mengenai info menarik lainnya, segera cek langsung di Shopee sekarang dan dapatkan sepatu kulit pria impianmu.

Selain itu, juga akan ada Promo Super Brand Day tanggal 19 November 2021 bagi Anda yang sudah tidak sabar ini untuk melihat berbagai produk menarik dari Shopee.

Keseruan lainnya bisa Anda dapatkan di Promo Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale yang terisi dengan berbagai promo menarik lainnya seperti Diskon hingga 90%, Tanam Shopeepay 12M, Gratis Ongkir Xtra, Pasti Diskon 90%, dan masih banyak diskon lainnya yang akan hadir di Shopee nantinya. Jadi, tunggu apalagi? Segera cek Shopee agar tidak ketinggalan update terbarunya ya!