Pacitan Galakkan Reboisasi Jaga Hutan Tetap Lestari

oleh -Dibaca 369 kali
Pada hari Jumat pagi, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji langsung memimpin aksi penanaman pohon berlokasi di bukit Sido Wayah, Desa Semanten Kecamatan Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan menggalakkan kegiatan reboisasi atau penghijauan hutan Kembali untuk menjaga hutan tetap lestari. Hal itu seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Semanten bekerja sama dengan Pemkab Pacitan dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di Pacitan pada Jumat (19/11/2021).

Pada hari Jumat pagi, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji langsung memimpin aksi penanaman pohon berlokasi di bukit Sido Wayah, Desa Semanten Kecamatan Pacitan. Dengan tajuk “Nandur Bareng Mas Aji.”

Kegiatan itu merupakan inisiatif dari Pemdes Semanten untuk menjaga hutan tetap lestari. Selain itu diharapkan juga mampu mengurangi risiko bencana alam dengan menanam 15 ribu bibit tanaman produktif ditanam di hutan rakyat.

“Yang dilakukan yang diinisasi Kades Semanten ini luar biasa, saya mengapresiasi betul-betul, harapan saya bisa dilakukan desa-desa lain,”kata Bupati Aji saat dikonfirmasi awak media usai kegiatan.

Menurut Bupati, kegiatan reboisasi itu adalah salah satu cara dan upaya mencegah bencana alam terjadi di Pacitan.“Sehingga kita berupaya untuk mencegah bencana, yang Pacitan ini selalu dihantui setiap musim hujan seperti pada saat ini,”tandasnya.

Sehingga, kata Bupati, jika nanti akarnya sudah tumbuh kuat, diharapkan akan mengurangi dampak bencana yang terjadi di Pacitan.

Disinggung terkait instruksi reboisasi, Bupati mengatakan direncanakan akan dilakukan oleh Pemkab Pacitan.“Sepertinya akan aada instruksi, sedikit yang bisa dilakukan desa adalah menjaga lingkungan.

Senada dengan Bupati, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di Pacitan, Wardoyo mengajak masyarakat untuk menanam tanaman produktif di lahan dan hutan wilayahnya.

Pewarta: Sulthan Shalahuddin
Editor: Dwi Purnawan