Vaksinasi Lansia di Capai 44 Persen, Pacitan Sudah Penuhi Syarat Turun Level PPKM

oleh -Dibaca 495 kali
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Capaian vaksinasi di Kabupaten Pacitan untuk kalangan warga lanjut usia (lansia) dipastikan sudah melewati syarat minimal penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu ditegaskan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka.

“Alhamdulillah, ya sudah melewati batas minimal (syarat penurunan level PPKM) 40 persen, tepatnya untuk vaksinasi lansia di Pacitan per Kamis (4/11/2021) dari dari Dinkes Pacitan adalah 44 persen total lansia di Pacitan yang sudah divaksin atau 39.246 lansia,”kata pria yang akrab disapa dr Hendra tersebut, saat dihubungi Pacitanku.com pada Jumat (5/11/2021).

Sementara, imbuh Hendra, untuk vaksinasi global dengan data dari Dinkes, adalah sebanyak 66,5 persen atau 314.364 warga Pacitan sudah disuntik vaksin dosis pertama dari total 472.591 sasaran.

“Sedangkan vaksinasi dosis ke-2 data dari Dinkes untuk vaksin global sudah 30 persen atau 140.654 warga sudah divaksin dosis ke-2, dan untuk vaksin lansia dosis ke-2 baru 10 persen atau 8.742 lansia di Pacitan yang sudah disuntuk vaksin dosis ke-2,”ungkapnya.

Di sisi lain, dr Hendra mengatakan data dari Dinkes Pacitan tersebut sedikit berbeda dengan data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). “Data KPC-PEN untuk vaksinasi total dosis 1 sebanyak 64,35 persen dan lansia 40,07 persen,”tandas dia.

Dengan demikian, Hendra memastikan dengan kondisi vaksinasi tersebut sudah memenuhi syarat penurunan level PPKM di Pacitan.

Dimana selain vaksinasi yang sudah memenuhi batas minimal, saat ini secara epidemiologi, angka paparan COVID-19 juga terus menurun drastis, dimana pasien aktif COVID-19 per Kamis kemarin tinggal 10 orang.

Sebagai informasi, salah satu indikator penurunan level PPKM di kabupaten-kota dari level 3 menjadi level 2 adalah dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi lansia harus mencapai 40 persen.

Namun demikian, penurunan level PPKM di Pacitan dari saat ini level 3 menjadi level 2 masih menunggu terbitnya Inmendagri yang kemungkinan baru turun pekan depan.

“Sehingga bisa ke (PPKM) level 2, namun hal itu menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) ya nanti setelah tanggal 15 November,”pungkasnya. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.