Bagaimana Peluang Perspa Pacitan di Liga 3 Jatim 2021?

oleh -Dibaca 762 kali
DUKUNG PENUH. Bupati Aji saat berjumpa dengan tim Perspa Pacitan pada Rabu malam. (Foto: Dok. IG Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Klub kebangaan masyarakat Pacitan, Perspa Pacitan kembali akan berlaga dalam kompetisi MS Glow Men Liga 3 Jawa Timur mulai Jumat (5/11/2021). Adapun lawan perdana tim berjuluk “Laskar Kanjeng Jimat” itu adalah Persenga Nganjuk. Bagaimana peluang Perspa Pacitan di Liga 3 Jatim tahun ini?

Pelatih Perspa Pacitan Pratama Nahrowi mengatakan Perspa Pacitan menginginkan hasil terbaik dalam gelaran Liga 3 Jatim tahun ini.

“Untuk persiapan kita pemantapan strategi, pemantapan taktik melawan Persenga Nganjuk, Insyaallah tidak nervous. Kalau tim sudah siap, berangkat kamis, sore atau jumat pagi, targetnya membawa hasil yang terbaik,”kata Pratama, mengutip wawancara dengan JTV Pacitan.

Dalam Liga 3 Jatim tahun ini, Perspa Pacitan tergabung di grup H bersama Persiga Trenggalek, Persenga Nganjuk, Persemag Magetan dan Swiss FC Magetan. Dari para lawan-lawan di grup H, Perspa Pacitan cukup sering berjumpa dengan Persemag Magetan di Liga 3 Jatim.

Beberapa kali Perspa dan Persemag bertemu, khususnya di Liga 3 Jatim. Pada laga perdana  Rabu (18/4/2018) Perspa ditaklukkan Persemag Magetan dengan skor 0-2.

Setahun berselang dalam Liga 3 Jatim 2019, giliran Perspa yang berhasil mengalahkan Persemag Magetan berkat kemenangan 2-0 saat bertandang Magetan.

Namun dalam laga lanjutan di Stadion Pacitan kala itu, Perspa kembali dikalahkan Persemag Magetan dengan skor tipis 0-1.

Pada edisi Liga 3 Jatim 2021 ini, Perspa akan mengawali laga dengan melawan Persenga Nganjuk pada Jumat (5/11/2021), dilanjutkan lawan Swiss FC Magetan pada Senin (8/11/2021).

Laga berikutnya Perspa adalah jumpa tuan rumah Persiga Trenggalek pada Ahad (14/11/2021), dan laga terakhir adalah jumpa Persemag Magetan pada Rabu (17/11/2021). Adapun semua laga tersebut digelar di Stadion Menak Sopal Kabupaten Trenggalek.

Dukungan penuh Pemkab dan Sponsor

Bupati Pacitan saat berjumpa tim Perspa Pacitan pada Rabu (3/11/2021). (Foto: Dok. Instagram Indrata Nur BayuajI)

Jelang bergulirnya Liga 3 Jatim 2021, Perspa Pacitan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Pacitan dan para sponsor.

Pada Rabu (3/11/2021) malam, Perspa menandatangani MoU antara Perspa Pacitan dengan PT PJB UBJOM PLTU Pacitan dan  Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Pacitan terkait sponsor dan pembinaan.

Selain itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji juga mendukung penuh anak-anak Laskar Kanjeng Jimat dalam Liga 3 Jatim tahun ini.

Dalam sambutannya, Bupati berharap Perspa ini mampu berproses untuk menjadi tim sepak bola kebanggaan masyarakat Pacitan. Menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan itu penting karena bisa menumbuhkan loyalitas dan dukungan yang kuat apapun hasilnya.

“Kita memang masih di liga 3 tapi dengan kecintaan dan dukungan suporter serta masyarakat kedepan Perspa Pacitan akan meningkat lebih baik lagi,”kata Bupati, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Guna mewujudkan hal tersebut, Bupati mengatakan memerlukan peran semua pihak, pelatih, pemain atau induk organisasi tapi juga peran swasta, suporter, masyarakat serta pemerintah daerah.

Bupati juga berharap kompetisi lokal mulai dari tingkat desa sampai kabupaten bisa kembali hidup agar tumbuh bibit unggul di bidang sepakbola.

“Jadi selamat bertanding, semangat, kita buktikan, Pacitan boleh terpinggirkan dari sisi geografis, tetapi dari sisi semangat dan kualitas kita harus lebih dari kabupaten yang lain, karena kalau bukan teman-teman siapa, kalau tidak sekarang, kapan lagi,”pungkas Bupati mengakhiri sambutannya.

Bagaimana peluang Laskar Kanjeng Jimat?

Perspa Pacitan saat latihan jelang bergulirnya kompetisi Liga 3 Jatim 2021. (Foto: Dok. Instagram Perspa Pacitan Official)

Dalam gelaran Liga 3 Jatim tahun ini, Perspa Pacitan masih mengandalkan pemain lokal Pacitan, yang diantaranya merupakan hasil seleksi pemain pada Juli 2021 lalu. Total 26 pemain dibawa dalam laga yang digelar dengan sistem home tournament di Stadion Menak Sopal, Trenggalek.

Selain itu, Perspa Pacitan juga telah menggelar laga uji coba atau friendly match melawan Persinga Ngawi pada 8 Oktober 2021 lalu. Saat itu, Perspa yang bertanding di Stadion Pacitan ditahan imbang dengan skor kacamata oleh anak-anak Ngawi.

Meski hanya mengandalkan pemain lokal Pacitan, Perspa Pacitan tak bisa dianggap remeh. Hal itu berkaca dari dua edisi Liga 3 Jatim sebelumnya, Pacitan bisa naik kelas meskipun belum berhasil naik ke Liga 2.

Pada gelaran Liga 3 Jatim 2018, Perspa Pacitan gagal ke babak 16 besar karena menduduki posisi akhir juru kunci Grup C dibawah Persedikab Kab Kediri, Blitar Poetra FC, Persibo Bojonegoro, Bumi Wali FC Tuban, Persepon Ponorogo dan Persemag Magetan. Kala itu, Perspa hanya meraih 3 poin dari 1 kemenangan dengan memasukkan 8 gol dan kemasukan 28 gol.

Setahun berikutnya, adalah pencapaian terbaik yang sukses diraih Perspa Pacitan karena berhasil lolos ke 16 besar Liga 3 Jatim 2019. Kala itu, Perspa sukses menjadi runner up grup B dibawah Perseta Tulungagung.

Di babak penyisihan grup Liga 3 Jatim 2019, Perspa sukses meraup poin 10 dari 7 pertandingan, yang merupakan hasil dari 3 kemenangan, 1 seri dan 3 kekalahan. Saat itu, Perspa ditahan imbang imbang Nganjuk United 2-2, mengalahkan Persemag 2-0, mengalahkan Bojonegoro FC dengan skor sama 2-0 dan menang 2-1 di laga tandang di Bojonegoro.

Posisi runner up ini sekaligus mengantarkan anak-anak laskar kanjeng jimat melaju ke babak 16 besar. Sayang di 16 besar, laju Perspa harus terhenti karena menduduki posisi juru kunci klasemen akhir setelah kalah dari lawan-lawannya yakni Putra Sinar Giri, Persedikab dan Persesa Sampang.

Dengan sejumlah pengalaman dan perkembangan yang dicapai Perspa, bukan tidak mungkin pada edisi Liga 3 Jatim tahun ini anak-anak laskar kanjeng jimat mampu lolos ke Liga 2.

Daftar pemain Perspa Pacitan di Liga 3 Jatim 2021

Penjaga Gawang
20 A’an Bayu Kristiawanto
30 Gembong Haidar Ammar S
1 Bagas Pramono

Belakang
4 M Faizza Hafidz IF
3 Arief Budi Darma
29 Wigung Fandi Rahman
21 Andhika Fajar Nugroho
2 Rizky Nur Ardiansyah
12 Ichwan Fauzi Pratama
Denta

Tengah
6 Rizal Wahyu Dwi Santosa
10 Rico Fakaris Ilmy
Helmy Yusuf Wijaya
9 Derra Dwi Saputra
16 Egy Dirga Samdayu
14 Ahmad Faisal
15 Vegy Setya Prayoga

Depan
Septian
11 Muhammad Taufik Hidayat
22 Nanda Prasetyo
7 Satria Aji Wardana
8 Lintar Nugraha
19 Gabril Bastian
18 Muhammad Wahyu Samudra
13 Edo Dwi Nurcahyo
27 Nalendro Baru Abdillah

Tim Pelatih
Pratama Nahrowi (Pelatih Utama)
Handys Ivalludin
Ahmad Anwar
Muhammad Toifur

No More Posts Available.

No more pages to load.