Goa Gong dan Goa Tabuhan Mulai Dibuka Hari ini, Begini Syarat yang Harus Dipatuhi Pengunjung

oleh -Dibaca 478 kali
Destinasi wisata Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Destinasi wisata Goa Gong dan Goa Tabuhan akhirnya kembali dibuka. Destinasi wisata di Pacitan, ini sempat tutup beberapa bulan, lantaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kini, masyarakat dapat kembali mengunjungi kedua goa tersebut mulai Jumat (5/11/2021) dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Kedua destinasi wisata tersebut merupakan dua destinasi wisata di Pacitan yang secara resmi dibuka merujuk dari Surat Edaran (SE) Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenpar Ekraf nomor SE/31/IL.04.00/DII/2021.

Namun demikian, sejumlah syarat harus dipenuhi pengunjung saat mengunjungi Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tengku Andi Faliandra beberapa waktu lalu mengatakan kapasitas pun masih dibatasi maksimal 25 persen pengunjung.

“Untuk goa juga dibatasi 25 persen dari kapasitas goa, sehingga misalnya dalam satu kali masuk kapasitasnya 60, ini ya sekitar 20 orang atau pengunjung,”katanya.

Selain itu, pengunjung juga wajib  mematuhi protokol kesehatan, diantaranya adalah cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining.

Di sisi lain, untuk anak usia dibawah 12 tahun belum diperkenankan masuk. Selain itu, pengunjung juga wajib sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama.

Andi mengatakan, pembukaan dua destinasi wisata goa ini setelah pihaknya memperoleh kepastian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) setelah sebelumnya mendapatkan sertifikat CHSE dan peduli lindungi.

“Setelah kita mendapatkan surat dari Kemenparekraf, dan sebelumnya juga telah kita penuhi persyaratan sertifikasi CHSE dan peduli lindungi, kedua destinasi wisata tersebut mulai diujicobakan dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat per Jumat (5/11/2021) akhir pekan ini, jadi Jumat, Sabtu, Ahad (akhir pekan ini, red) sudah buka,”kata Andi.

Dua destinasi wisata goa tersebut adalah dua destinasi wisata pertama di Pacitan yang secara resmi dibuka oleh Pemkab Pacitan setelah selama beberapa bulan ditutup akibat penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pacitan yang masih berada di level 3.

Sementara untuk destinasi wisata lainnya, termasuk Pantai di Pacitan, Andi mengatakan masih diberlakukan penutupan sementara sembari menunggu turunnya level PPKM.

”Untuk destinasi wisata lainnya, termasuk pantai belum dibuka, juga ada pemberitahuan dari Kementerian bahwa destinasi wisata air di daerah PPKM level 3 belum boleh dibuka,”pungkasnya. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.