Kebutuhan Bahan Makanan Pokok di Pacitan Meningkat Jelang Ramadhan

oleh -Dibaca 232 kali
Pasar Margo Mulyo Punung. (Foto: Radhitya Permana)

Pacitanku.com, PUNUNG – Kebutuhan bahan  makanan pokok di Kabupaten Pacitan meningkat menjelang bulan Ramadhan 1442 H. Seperti yang terlihat di Pasar Margo Mulyo, Punung, seminggu sebelum datannya bulan suci Ramadhan, pesanan  terus berdatangan dari segala penjuru wilayah di kota Pacitan.

Bahan makanan yang mereka pesan pun beragam, mulai dari beras, beragam daging segar, sayuran serta bahan makanan setengah matang hingga siap saji.

Kebutuhan bahan makanan pokok ini tak lain untuk memenuhi kebutuhan atau hajat masyarakat  dalam menyambut bulan ramadhan, yaitu tradisi megengan. tradisi megengan atau doa bersama merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan dari  nenek moyang hingga sekarang. 

Seperti di beberapa wilayah di kota Pacitan, tradisi megengan masih dilakukan dan dilestarikan, selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan doa bersama.

Salah satu pedagang di pasar pun mengaku, dalam sepekan ini, pesanan  akan kebutuhan bahan pangan  menjelang bulan Ramadhan terus meningkat, kebutuhan mereka paling banyak adalah beras, bumbu dapur dan beragam daging-daging segar.

“Sudah seminggu ini, orang orang dari segala tempat memesan beras, bawang, daging, dan bahan makanan siap saji lainnya,”tutur Yanti (35), salah seorang padagang di pasar Margomulyo, Punung, baru-baru ini.

Masyarakat  mengaku merasa beruntung, karena seiring meningkatknya kebutuhan mereka menjelang Ramadhan, tidak dibarengi  dengan naiknya harga bahan makanan pokok.

“Ya allhamdullilah mas, harga beras dan bumbu dapur lain tidak ikut naik, kebetulan kebutuhan juga lagi banyak ini,”tutur Ratmi (57), seorang warga yang merupakan pembeli di pasar Margomulyo, Punung.

Kontributor: Radhitya Permana (Jurnalis Magang STKIP PGRI Pacitan)
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.