KNPI Pacitan Dorong Sinergitas Pemuda dan Pemerintah

oleh -Dibaca 352 kali
SARASEHAN. Bupati Pacitan terpilih Indrata Nur Bayuaji saat mendengar masukan dari para pemuda pada Ahad malam. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITANKomite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan mendorong adanya sinergitas antara pemuda dan pemerintah. Hal itu disampaikan Ketua KNPI Pacitan saat saat sarasehan puluhan komunitas pemuda dan OKP pada Ahad (14/3/2021) malam di wisma SBY, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Baca juga: Karang Taruna Pacitan Dorong Pemerintah Prioritaskan Pembangunan SDM Pemuda

Kegiatan yang diinisiasi oleh KNPI ini mengumpulkan setidaknya 14 OKP dari berbagai latar belakang untuk menyampaikan uneg-uneg atau keresahan dan harapan kepada bupati terpilih kabupaten Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji

“Pemuda pacitan ingin mengejar dan membuktikan bahwa Pacitan layak menjadi kota/kabupaten yang layak pemuda. Mengharapkan sinergitas antara pemuda dan pemerintah,”kata Ketua KNPI Pacitan Bagus Surya Pratikna.

Pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Pacitan ini berharap kepada Bupati Pacitan terpilih, Indrata Nur Bayuaji lebih sering mengadakan kegiatan serasehan bersama dengan para pemuda di lain waktu. Ide tersebut disambut baik oleh Aji.

Selain pertemuan rutin, KNPI dan OKP lain juga mendorong dibuatnya Youth Center atau sekretariat bersama, supaya para pemuda ada satu lokasi bersama untuk bersilaturahmi dan berkegiatan.

Hal ini juga disampaikan oleh salah satu perwakilan dari organisasi PETUPA, Irvan Bayu.

“Seperti yang kita liat, sebagaimana kondisi gedung pemuda saat ini, kalau dulu 2016 masih bisa digunakan. Dan bisa menjadi perhatian khusus karena gedung pemuda sudah prihatin jika mau digunakan. Jadi mendukung jika dibuatkan Youth Center. Karena jika dapat terealisasi, akan sangat menyenangkan,”jelasnya.

Sementara, Bupati Pacitan terpilih Indrata Nur Bayuaji mengatakan bahwa dirinya sedang mencari jalan tengah antara keinginan pemuda dan kemampuan pemerintah, supaya tercipta sinergi yang baik dan berkelanjutan serta saling menguntungkan.

Program tersebut diantaranya adalah Kampung Pemuda dan Youth Center atau kawasan yang bisa digunakan oleh para komunitas, OKP dan para pemuda berkegiatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan KNPI, Karang Taruna Kabupaten, IMM, IPM, HMI, Pemuda Muhammadiyah, Petupa, GMNI, Putra putri batik, Duta Wisata Pacitan, IPNU, GP Ansor, GP Nusantara dan Purna Paskibraka Indonesia.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan