Karang Taruna Pacitan Dorong Pemerintah Prioritaskan Pembangunan SDM Pemuda

oleh -Dibaca 335 kali
SARASEHAN. Bupati Pacitan terpilih Indrata Nur Bayuaji saat mendengar masukan dari para pemuda pada Ahad malam. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Karang Taruna (Katar) Kabupaten Pacitan mendorong Pemerintah Kabupaten Pacitan kedepan lebih mendorong prioritas pembangunan sumber daya manusia (SDM) pemuda di masing-masing desa dan kelurahan di Pacitan.

“Saat kami bertemu dengan karang taruna di tingkat desa, kami mendengar masukan bahwa pemerintah selama ini yang dippikirkan adalah pembangunan fisik, lalu saya tanya, apakah sudah ada dukungan pemerintah untukpemuda, hanya ada satu desa yang sudah ada pembinaan SDM pemudanya di Pacitan melalui karang taruna,”kata Ketua Katar Pacitan Mulyadi, saat menggelar sarasehan dengan Bupati Pacitan terpilih Indrata Nur Bayuaji, Ahad (14/3/2021) malam di wisma SBY, Kelurahan Ploso Pacitan.

Mulyadi kemudian membeberkan fakta, dari serap aspirasi pemuda di 171 desa dan kelurahan, supporting Pemerintah, dalam hal ini Pemdes terhadap karang taruna masih sangat rendah.

“Yang cukup bagus Desa Bandar, bisa menganggarkan dana untuk Karang Taruna rentang Rp20 juta hingga 25 juta, lainnya hanya Rp2 juta, Rp2,5 juta dan bahkan yang lain tidak disupport, lalu bagaimana SDM Pemudanya berkembang kalua supportnya tidak ada? Dan SDM pemuda di Katar itu sangat luas, bahkan yang putus sekolah dan masuk Katar juga butuh perhatian,”jelasnya.

Pria yang juga dosen STKIP PGRI Pacitan ini berharap kedepan pemerintah lebih perhatian terhadap pembangunan SDM kepemudaan. Mulyadi juga menyebut salah satu visi dan misi dari Bupati terpilih Aji ada kaitan dengan pembangunan sektor kepemudaannya.

“Visi misi beliau ada disitu, bagaimana pembangunan SDM pemuda ini kita support bareng, kita tinggal breakdown,”tandasnya.

Di sisi lain, Mulyadi menganggap kedepan perlu ada regulasi melalui Peraturan Bupati untuk mendukung penggunaan anggaran desa untuk karang taruna. Hal itu dinilai sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kalangan pemudanya.

“Kami mengharapkan ada dukungan anggaran Karang Taruna di desa, ada perbup yang menyatakan dukungan dana dari anggaran desa di perbup, mungkin 5 persen dana di desa diperuntukkan bagi karang taruna, sehingga mereka memperoleh jatah dari APBDes,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan KNPI, Karang Taruna Kabupaten, IMM, IPM, HMI, Pemuda Muhammadiyah, Petupa, GMNI, Putra putri batik, Duta Wisata Pacitan, IPNU, GP Ansor, GP Nusantara dan Purna Paskibraka Indonesia.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan