Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021: Paling Banyak Guru, Disusul Nakes

oleh -10198 views
Suasana SKD CPNS Pacitan pada Kamis (15/11/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, JAKARTA – Formasi guru memegang komposisi terbanyak dalam penetapan kebutuhan ASN 2021. Kebutuhan ASN ini untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Plt Deputi SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko, seperti dikutip dari laman BKN, Rabu (3/3/2021) menyebutkan bahwa formasi Guru memegang komposisi terbanyak dalam penetapan kebutuhan ASN 2021 mengingat Pemerintah akan melaksanakan rekrutmen 1 Juta Guru PPPK.

“Diikuti formasi Tenaga Kesehatan dengan komposisi terbanyak kedua dan dilanjutkan dengan Jabatan Fungsional Teknis lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Teguh mengatakan Panselnas akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memastikan sejumlah persiapan seleksi ASN 2021, mulai dari aspek pengawasan sampai dengan kematangan pelaksanaan yang masih disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Sementara, Humas BKN, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menyebutkan bahwa Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) tengah melakukan penyiapan infrastruktur pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021.

“BKN bersama Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan CASN 2021, khususnya dari aspek infrastruktur dan skema penyelenggaraan seleksi,” terangnya dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 pada Selasa, (02/3/2021) secara daring.

Suharmen menjelaskan bahwa BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas akan berkerjasama dengan beberapa Kementerian/Lembaga untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pendaftaran sampai dengan penyelenggaraan seleksi ASN, yang meliputi seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Sekolah Kedinasan.

“Sebelum pada tahap pengumuman, Panselnas akan memastikan jadwal pelaksanaan seleksi ASN ini secara mendetil terlebih dahulu dan setelahnya baru berkoordinasi dengan seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang mengajukan usulan formasi ke Kementerian PANRB. Pelaksanaan seleksi ASN ini akan berlangsung sepanjang tahun 2021, mulai dari seleksi PPPK, CPNS, dan Sekolah Kedinasan, “imbuhnya.

Seperti diketahui tahun ini pemerintah memang lebih banyak merekrut calon PPPK dibandingkan dengan CPNS. Pasalnya rekrutmen PPPK tahun ini mencapai 1.111.500. Sementara untuk CPNS tahun ini hanya sekitar 160.500 formasi.

Di mana dari 1.111.500 formasi PPPK, 1.000.000 diantaranya untuk formasi guru. Lalu 70.000 untuk PPPK instansi daerah non guru, dan 41.500 PPPK instansi pusat non guru.

Sementara 160.500 formasi kebutuhan CPNS, 119.000 merupakan CPNS instansi daerah. Sisanya 41.500 untuk CPNS instansi pusat.