TMMD Reguler ke-110 Digelar, Warga Widoro Donorojo Segera Nikmati Jalan Baru Sepanjang 1,2 Km

oleh -3 Dilihat
JALAN BARU. TMMD reguler ke-110 di Desa Widoro membuka jalan baru di kawasan tersebut. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Warga di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo akan segera menikmati infrastruktur baru berupa jalan permanen sepanjang 1.200 meter atau 1,2 kilometer.

Awalnya, jalan tersebut adalah jalan setapak yang melewati perbukitan sepanjang 1.200 meter di Desa Widoro. Kini jalan tersebut akan segera menjadi jalan permanen.

Baca juga: Bupati Pacitan Apresiasi Pelaksanaan TMMD Reguler ke-110 di Desa Widoro Donorojo

Jalur yang biasanya hanya menjadi akses warga menuju tegalan dan hutan itu kini berubah menjadi jalan utama dengan lebar 3 meter.

Terwujudnya jalan yang diharapkan menjadi penunjang perekonomi warga itu tak lain karena program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke-110.

Tidak hanya membuka akses ekonomi, jalan yang nantinya akan dipermanenkan dengan makadam dan rabat tersebut juga menjadi jalur alternatif dari dan atau menuju obyek wisata Banyu Tibo dan Pantai Buyutan.

“Jalan ini sangat didambakan dan diharapkan oleh masyarakat dalam membuka jalur lalu lintas yang lebih mudah,”kata Danrem 081/DSJ Madiun Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, Selasa (2/3/2021) seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Baca juga: Danrem 081/DSJ Madiun: TMMD ke-110 di Desa Widoro Donorojo Perkuat Sinergitas TNI-Masyarakat

Pernyataan itu disampaikanya saat meninjau langsung lokasi TMMD. Sebelumnya, Danrem mengikuti pembukaan TMMD reguler ke 110 bersama Bupati Pacitan di pendopo kabupaten.

Lebih lanjut Waris berharap dengan terbukanya jalur baru ini aktifitas masyarakat semakin mudah. Pun demikian jalur alternatif ini dapat menjadi pendukung pengembangan obyek wisata diwilayah tersebut.

Sementara, Bupati Indartato yang turut mendampingi Danrem 081/DSJ Madiun mengaku senang karena Kabupaten Pacitan menjadi lokasi program TMMD reguler 110 tahun 2021.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, bupati dua periode itu yakin jika terbukanya akses akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama mendukung pariwisata.

“Tentu saya sangat bangga dan saya minta masyarakat dapat mendukung dan menjaga demi anak cucu,”kata Indartato.

TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke-110 tahun 2021 wilayah korem Madiun dipusatkan di Kabupaten Pacitan. Tepatnya, di Desa Widoro Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Sasaran pokoknya meliputi pembukaan jalan baru dan makadam sepanjang 1200 meter lebar 3 meter, rabat jalan 1900 meter lebar 2 meter. Juga akan dilakukan pemasangan gorong-gorong di 6 titik, talud di 3 lokasi serta jembatan. (red)