Awas, Ada Penipu Berkedok Panitia PMB STKIP PGRI Pacitan

oleh -Dibaca 303 kali
Ilustrasi penipuan via WA

Pacitanku com, PACITAN – Aksi penipuan dengan kedok panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) STKIP Pacitan berhasil digagalkan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Mulyadi, salah satu Panitia PMB STKIP Pacitan saat ditemui pewarta, Kamis (25/2/2021) di Pacitan.

Awalnya penipu menghubungi salah satu calon mahasiswa melalui ponselnya, berdalih adanya Potongan biaya pendaftaran,dan mengarahkan calon mahasiswa untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening pribadi penipu .

“Tadi pagi ada calon mahasiswa menghubungi panitia menanyakan kebenaran potonggan biaya pendaftaran, lha kami kaget darimana infonya. Dan setelah kami telusuri ternyata ini modus penipuan,”kata Mulyadi, Kamis (25/2/2021).

Calon mahasiswa yang kemudian diketahui bernama Isti ini, mulai curiga dari awal, dirinya sempat merekam dialog percakapan dengan penipu yang kemudian di sampaikan kepada panitia PMB.

“Ya untungnya dia (Isti) konfirmasi ke kami ,dan kami pastikan ini penipuan. Bahkan juga dia kirim hasil rekaman dialog beserta nomor WA dari penipu tersebut,”jelas Mulyadi yang juga sebagai dosen jurusan matematika STKIP PGRI Pacitan ini.

Atas kejadian tersebut, panitia PMB STKIP PGRI Pacitan menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melakukan program pemotongan biaya pendaftaran.

Mulyadi juga menyampaikan kepada calon mahasiswa baru bahwa informasi tentang STKIP PGRI Pacitan, informasi PMB, akreditasi, beasiswa, pembayaran, dan lain-lain yang mengatasnama STKIP PGRI Pacitan, dikatakan benar atau valid jika berasal dari sumber resmi, seperti website dan media sosial resmi STKIP PGRI Pacitan.

Tak hanya itu, Mulyadi mengatakan informasi yang benar terkait pengumuman Tes, Pengumuman Hasil Seleksi, Pengumuman Daftar Ulang, yang resmi adalah melalui Pusat Informasi/ Sekretariat Pendaftaran, dengan nomor resmi WhatsApp di 0877-5511-5100.

“Selain nomor diatas perlu dikonfirmasi ulang,”tandasnya.

Selain itu, Mulyadi mengatakan pembayaran atau transaksi yang ada unsur potongan atau keringanan, jika ada, hanya diberikan melalui pengumuman dan sumber resmi yang dapat dicek kebenarnannya kembali melalui nomor Pusat Informasi/ Sekretariat Pendaftaran dan bukan atas informasi Perseorangan atau dari nomor tak dikenal.

“Ya harap waspada terhadap Nomor HP penindak Penipuan yang sementara terdata adalah: 0831-3597-7555 dengan Nomor Rekening tindak penipuan: 1148942094 (BNI) a.n. YUDI MAULANA,”pungkas Mulyadi.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan