Kasus Harian di Pacitan Kembali Naik, Satgas Minta Semua Komponen Sadar dan Bersatu Lawan Corona

oleh -10190 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Kamis (9/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Kasus pertambahan pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan masih bertambah. Bahkan pada Senin (1/2/2021), angka harian positif COVID-19 di Pacitan bertambah 67. Hal itu seperti disampaikan juru bicara Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto, Senin sore.

“Pada hari ini terjadi rekor baru tambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 yaitu sebanyak 67 orang mohon maaf mewakili satgas belum bisa ngerem pebambahan ini,”kata Rachmad dalam keterangannya kepada awak media.

Lebih lanjut, Rachmad mengungkapkan kecamatan Pacitan lagi-lagi menjadi daerah dengan paparan terbanyak kasus COVID-19.

“(Rincian yang positif, red) Kecamatan Pacitan 53, Punung 9, Tulakan 1, Donorojo 1, Arjosari 1 dan Ngadirojo 1,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Selain penambahan jumlah pasien positif, Rachmad mengabarkan adanya pasien sembuh sebanyak 39 orang.

“Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya masih terjadi kematian 1 orang,”ujar Rachmad.

Atas masih adanya penambahan jumlah pasien COVID-19 itu, Rachmad kembali mengingatkan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

Selain itu, dia mengimbau agar semua komponen harus menyadari dan bersatu melawan COVID-19.

“Malah dengan kondisi seperti ini ayo bersama menanggulangi virus corona ini. Mulai dari masyarakat, Pemdes, pemerintah kecamatan dan Pemda dalam hal ini satgas penanganan COVID-19 Pacitan, semua komponen harus sadar dan bersatu melawan COVID-19 ini sesuai kewenangannya,”jelasnya.

Menurutnya, semakin hari di Pacitan semakin banyak korban terpapar COVID-19, baik yang sakit, meninggal dunia atau tanpa gejala.

“Sudah lebih 1.800 korban COVID-19 secara komulatif di Pacitan, masak kita tidak mau berbenah diri untuk mencegahnya dengan disiplin prokes, 3M dan jauhi kerumunan,”pungkasnya.

Alhasil, sejak pertama kasus COVID-19 di Pacitan yakni April 2020, akumulasi kasus COVID-19 di Pacitan menjadi 1.842 orang.

Kemudian total angka kesembuhan 1.364 orang, pasien aktif dipantau 433 dengan rincian 403 pasien dirawat di wisma atlet dan 30 dirawat di Rumah Sakit (RS). Kemudian catatan satgas juga menyebutkan total angka kematian COVID-19 sebanyak 45 orang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan