Pacitan Siapkan Langkah Strategis Tangani Corona dari Hulu Hingga Hilir

oleh -0 Dilihat
Bupati Pacitan saat memimpin rakor Corona lewat video conference, Selasa (12/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Selain melalui vaksinasi, Pemkab Pacitan juga menyiapkan langkah-langkah strategis penanganan COVID-19. Upaya tersebut dilaksanakan mulai hulu hingga hilir sebagai upaya memutus tuntas pandemi.

“Pemerintah berupaya membuat aturan-aturan untuk dipatuhi agar masyarakat tidak terpapar COVID-19,”kata Bupati Pacitan Indartato, saat memimpin  Rakor Sosialisasi Penanganan COVID-19 melalui video converence (Vidcon), Selasa (12/1) dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Langkah-langkah tersebut antara lain peningkatan peran serta masyarakat dengan mengubah perilaku.

Selain itu, Bupati mengharapkan masyarakat diarahkan sadar, patuh dan menaati aturan pemerintah dan protokol kesehatan. Upaya lain mengintensifkan surveilance dengan langkah 3T yakni Tracing, Testing dan Treatment, penguatan tim sukses vaksinasi, penguatan satgas disemua tingkatan serta peningkatan kerja sama seluruh stakeholder.

Upaya memutus penyebaran akan terlaksana dengan baik jika semua pihak sadar dan dapat menjalankanya. Untuk saat ini penularan COVID-19 masih terjadi. Bahkan cenderung meningkat.

Sementara, Sekretaris Daerah yang juga Koordinator Umum Satgas pengendalian COVID-19 Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho melaporkan, ada kenaikan kasus cukup signifikan di akhir tahun 2020.

Sempat menyentuh angka 138 kasus pada bulan Oktober, kasus positif naik tajam menjadi 400 kasus di bulan Desember.  Dan memasuki awal Tahun 2021  pertengahan Bulan Januari jumlah kasus positif COVID-19 sudah mencapai 196.

Rakor Sosialisasi Penanganan COVID-19 diikuti oleh bupati, Forkopimda, Pengadilan Negeri, Forkopimca, kepala Puskesmas dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Pacitan.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.