Pacitan di Bulan Oktober 2020: Gelar Pemukulan Kentongan Serentak

oleh -Dibaca 103 kali
Bupati Pacitan Indartato saat memimpin apel kentongan di Pantai Pancer Dorr, Senin (26/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan hari ini menggelar launching pemukulan kentongan serentak, menandai dimulainya upaya membudayakan kearifan lokal sebagai peringatan dini bencana. Pemukulan kentongan dilakukan di berbagai penjuru wilayah Kota 1001 Goa.

Apel launching pemukulan kentongan serentak se-Kabupaten Pacitan dipusatkan di Pantai Pancer Dorr, Senin (26/10/2020).

Kegiatan yang dimotori oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) itu melibatkan berbagai elemen, antrara lain Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, Polri, TNI, dan kelompok relawan kemanusiaan.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan kegiatan tersebut dilatar belakangi adanya isu kebencanaan, utamanya adanya isu bencana gempa dan tsunami. Selain itu, juga bertepatan dengan momentum peringatan bulan pengurangan risiko bencana.

Selain itu, kegiatan pemukulan kentongan secara serentak se-kabupaten Pacitan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagankan terhadap bencana.”Mebudayakan kembali kentongan sebagai peringatan dini atau tanda bahaya,” kata Didik.

Sementara, Bupati Indartato dalam sambutannya menyatakan kegiatan yang dilakukan kali ini merupakan bentuk langkah antisipasi terhadap bencana.”Pacitan adalah wilayah rawan bencana, mari kita siaga,” tegas Indartato.

No More Posts Available.

No more pages to load.