Sosialisasikan 4 Pilar, Johan Budi Ajak Kades di Pacitan Tegakkan Pendidikan Pancasila

oleh -1363 views

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Komisi II DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo menggelar sosialisasi empat pilar Kebangsaan dengan tema “Pemantapan Wawasan Kebangsaan Dan Pancasila” yang digelar di Gedung UPT Perikanan Tamperan, Kabupaten Pacitan, pada Sabtu (21/11/2020).

Saat sambutannya, Johan Budi menyampaikan antara lain soal sejarah dan pentingnya ideologi Pancasila.

“Pendidikan Pancasila jangan hanya sebagai pelajaran saja namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan pilar kebangsaan sebagai pedoman demi tegaknya Negara Indonesia, untuk itu semua warga negara hukumnya wajib untuk menjaga dan melaksanakannya,”kata anggota Fraksi PDIP DPR RI dari Dapil VII Jawa Timur ini.

Dalam materinya, Johan budi sangat mengapresiasi pertanyaan-pertanyaan yang di sampaikan oleh kepala desa.

“Kritikan terhadap Presiden dan para pejabat itu sah-sah saja, akan tetapi kritikan untuk membangun bangsa dan negara, jangan menghina atau menjelek-jelekan dengan kata-kata sara sampai penghinaan pribadi. kita sebagai bangsa Indonesia harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Johan Budi mengharapkan, para Kepala Desa dan perangkat desa harus memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila kepada masyarakat.

“Betapa pentingnya Ideologi Pancasila bagi masyarakat, dan yang terlebih lagi bagi anak-anak remaja serta anak-anak kita dalam memaknai arti Pacasila yang sebenarnya,” pungkas mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ini.

Sebelum menutup materinya, mantan juru bicara kepresidenan tersebut menegaskan, kedatangannya di Pacitan bukan dalam rangka tentang politik pilihan kepala daerah. Tapi lebih karena tugas sebagai anggota DPR RI yang berkewajiban memberikan sosialisasi tentang 4 pilar.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan