Jalur Terdampak Longsor di Desa Gembuk Mulai Dibuka, Pembersihan Lumpur Terus Dilakukan

oleh -13110 views
BERSIH-BERSIH. Warga bersama relawan BPBD membersihkan sisa material longsor di Desa Gembuk Kebonagung, Sabtu (21/11/2020).(Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Pembersihan jalan terdampak longsor di Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung yang sempat memutuskan jalur di kawasan tersebut terus dilakukan.

Salah satunya pembersihan sisa material longsor yang merupakan lumpur oleh warga, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Desa setempat.

“Pada hari ini, Sabtu (21/11/2020), kita laksanakan kegiatan bersama-sama dengan Pemerintah Desa, yang pertama adalah pembersihan jalan,”kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo, saat dikonfirmasi Pacitanku.com di lokasi pembersihan, Sabtu.

Lebih lanjut, Didik mengatakan, jalur di kawasan tersebut sudah mulai dibuka seiring proses pembersihan yang mendekati selesai. Termasuk satu unit kendaraan truk yang terseret material longsor sudah berhasil dievakuasi meskipun dalam kondisi rusak.

Hanya saja pembersihan masih terus dilakukan mengingat masih adanya lumpur yang bisa membahayakan pelintas jalan.

“Jalan tersebut sudah mulai terbuka sejak kemarin (Jumat, red), selanjutnya dibersihkan, karena itu lumpur kita pandang jika hujan menggangu dan membahayakan pelintas jalan kemudian,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Desa Gembuk menjadi salah satu kawasan terparah terdampak bencana alam tanah longsor pada Ahad (15/11/2020) lalu itu.

Satu rumah warga di kawasan itu rusak parah, sementara puluhan warga diungsikan karena turut terdampak longsor.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Begini Penampakan Dampak Tanah Longsor di Gembuk Kebonagung