BPBD-Pemdes Gembuk Kaji Lokasi Pembangunan Hunian Warga Terdampak Longsor

oleh -1378 views
Cek Lokasi. BPBD Pacitan bersama Pemdes Gembuk mengecek lokasi longsor di Desa Gembuk, Sabtu (21/11/2020).(Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Gembuk, Kecamatan Kebonagung sedang melakukan kajian lokasi rumah bagi warga terdampak longsor di kawasan tersebut.

“Kita meneliti rencana evakuasi warga tentang bagaimana warga merencanakan rumah yang akan disiapkan oleh masyarakat,”kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo, saat dikonfirmasi Pacitanku.com di Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung pada Sabtu (21/11/2020).

Menurut Didik, lokasi hunian bagi warga itu harus dipertimbangkan dari sisi keamanan dan kenyamanan.

“Lokasi-lokasi itu harus kita asesmen darisisi kemananan dan kenyamanan dari warga tersebut,”ujarnya.

Lebih lanjut, Didik mengungkapkan pihaknya meninjau beberapa titik sebagai sampling, dimana di sekitar lokasi longsor ada 8 lokasi yang direncanakan akan dibangun hunian.

“Kita tinjau di beberapa titik sebagai sampling, kemudiam tim teknis kami akan melanjutkan meneliti detil lokasi-lokasi dimana warga akan membangun rumah hunian sementara, di sekitar sini ada 8 lokasi, secara total pemetaannya kita lihat pemetaannya lebih lanjut,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Desa Gembuk menjadi salah satu kawasan terparah terdampak bencana alam tanah longsor pada Ahad (15/11/2020) lalu itu. Satu rumah warga di kawasan itu rusak parah, sementara puluhan warga diungsikan karena turut terdampak longsor.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Begini Penampakan Dampak Tanah Longsor di Gembuk Kebonagung