Update Corona Pacitan: Positif Tambah 5, Sembuh Tambah 4

oleh -13158 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan merilis adanya penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada Kamis (22/10/2020) siang.

Juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, saat dikonfirmasi Kamis sore mengatakan ada total penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 5 kasus. “Siang ini pasien COVID-19 nambah lagi 5 orang,”kata Rachmad.

Rachmad mengungkapkan, 5 kasus posisit COVID-19 terbaru itu, yang pertama adalah seorang perempuan berusia 39 tahun dan berasal dari Kecamatan Nawangan. “Yang bersangkutan tertular dari keluarga klaster perjalanan,”ujarnya.

Pasien kedua, imbuh dia, adalah seorang perempuan berusia 21 tahun dari Kecamatan Ngadirojo. Pasien ini, kata dia, juga tertular dari keluarga klaster perjalanan.

“Yang ke-3, seorang perempuan berusia 29 tahun, riwayat pelaku perjalanan, dan yang ke-4 seorang laki-laki berusia 26 tahun dari Kecamatan Pacitan, untuk riwayat masih dilakukan tracing,”jelasnya.

Pasien positif ke-5, imbuh Rachmad, adalah seorang laki-laki berusia 16 tahun dengan riwayat masih dilakukan tracing.” Gugus mohon maaf atas penambahan ini,”tukasnya.

Selain adanya penambahan, Rachmad mengatakan ada juga penambahan jumlah kesembuhan pasien pada Kamis siang.

“Pada siang ini juga ada penambahan  kesembuhan sebanyak 4 orang, terdiri atas dari Kecamatan Ngadirojo 2 orang, Kecamatan Tulakan 1 orang dan Kecamatan Donorojo 1 orang,”jelasnya.

Sehingga, data yang dihimpun, jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Pacitan per Kamis (22/10/2020) sore menjadi 197, dengan rincian total kesembuhan 159, total pasien dirawat 32 dan total pasien meninggal dunia 6 orang.

Atas penambahan itu, Rachmad mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan penggunaan protokol kesehatan.

“Satu-satunya jalan yang bisa mencegah adalah bagaimana kita disiplin menjalankan protokol kesehatan, pertumbuhan masih signifikan, sehingga jauhi kerumunan sampai keadaan mereda, sekali lagi jalankan 3 M,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan 

Video Waspada, Muncul Klaster Perkantoran Penularan Corona di Pacitan