Tambah 2, Jumlah Pasien Positif Corona di Pacitan Kini Jadi 55

oleh -13323 views
Juru bicara tim komunikasi publik satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan kembali mengumumkan adanya penambahan pasien positif konfirmasi COVID-19 di Pacitan pada Senin (27/7/2020).

Juru bicara tim komunikasi public GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan jumlah pasien positif terkonfirmasi COVID-19 di Pacitan bertambah dua, sehingga total pasien positif konfirmasi di Pacitan sejak kasus pertama berjumlah 55 orang.

“Pada hari ini jumlah pasien terkonfirmasi “bertambah 2 orang sehingga total menjadi 55 orang,”katanya, dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di Youtube Pemkab Pacitan, Senin (27/7/2020).

Rachmad kemudian merinci, dua pasien positif COVID-19 tersebut berasal dari yang pertama dari Tulakan.

“Yang kedua adalah dari adalah berasal dari Desa Wonodadi Kulon Ngadirojo, jadi beliaunya ada riwayat perjalanan dari Kalimantan, sehingga klaster lain-lain dan ini juga ketularan riwayat sebelumnya yaitu istrinya yang sudah dinyatakan positif lebih dulu,”ujarnya.

Sehingga, dengan tambahan 2 pasien terkonfirmasi total untuk pasien COVID-19 di Pacitan berjumlah 55 orang. Disisi lain, Rachmad juga mengabarkan adanya penambahan jumlah pasien yang sembuh dari paparan COVID-19 pada hari ini 12 orang.

Sehingga, dari total 55 pasien positif COVID-19 sejak kasus pertama, angka kesembuhan bertambah menjadi total 42 orang, 11 dirawat dan 2 meninggal dunia.

“Kembali gugus tugas mohon maaf yang sebesar-besarnya gugus tugas belum bisa mengendalikan atau bahkan mengerem laju pertambahan COVID-19,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Rachmad menghimbau masyarakat Pacitan untuk dapat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Karena kata kuncinya dalam rangka mencegah penularan maupun mengeliminir dari virus corona adalah dengan melaksanakan 3 M,”jelasnya.

3 M tersebut, kata dia, yaitu yang pertama selalu memakai masker, yang kedua menjaga jarak dan yang ketiga mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir.

“Karena hanya dengan disiplin itu adalah vaksin dalam rangka untuk mencegah penularan virus corona di kabupaten Pacitan, sekali lagi gugus memohon kepada masyarakat untuk dapatnya menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, semoga kedepan COVID-19 bisa kita kendalikan dan yang sembuh menjadi semakin banyak,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Laksanakan 3M Cegah Virus