Satu Balita di Pacitan Positif Corona

oleh -13358 views
Juru bicara tim komunikasi publik satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Senin (13/7/2020). (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Persebaran corona virus disease 2019 (COVID – 19) di wilayah kabupaten Pacitan masih mengkhawatirkan. Pada Senin (13/7/2020) ini sudah tembus di angka 41 orang positif corona, dengan total sembuh 16 orang, 24 dirawat dan 1 meninggal dunia. Peningkatan yang terus terjadi ini muncul dalam kurun waktu 3 minggu terakhir.

Lebih memprihatinkan lagi, dari 41 penderita corona tersebut satu diantaranya adalah anak usia dibawah lima tahun.

“Kami dapat hasil swab tadi sore menjelang maghrib dan satu balita positif corona, anak ini tertular dari sang ibu yang sebelumnya juga terkonfirm corona. Dan saat ini sedang dirawat,”kata juru bicara tim komunikasi publik satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto,  Senin (13/7/2020).

Selain hasil swab confirm balita yang muncul petang ini. Satu hasil swab confirm juga muncul pada anak usia 15 tahun. Dirinya adalah cucu dari pasien confirm corona yang meninggal saat dirawat RSUD dr Soedono Madiun.

“Anak yang 15 tahun ini adalah cucu dari pasien yang meninggal di Madiun. Dia dirawat di dr Soedono Madiun. Saat dirawat karena ada gagal ginjal, dan kemudian di swab muncul hasil konfirm corona. Jadi awalnya dirawat  bukan karena corona,”papar pria yang juga kepala Dinas Informasi Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan.

Dengan munculnya dua anak dengan konfirm corona saat ini, akan menambah cerita panjang Covid – 19 di Kabupaten Pacitan. Rachmad mengimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Ya himbauan kepada masyarakat. Untuk selalu gunakan masker saat keluar rumah. Hindari kerumunan massa. Hanya itu. Kita harus dan wajib menertibkan diri sendiri. Bukan hanya untuk menjaga orang lain tapi juga menjaga diri sendiri. Karena kita tidak tahu virus ini ada di kita atau tidak,”pungkasnya.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Penjelasan Jubir Terkait 1 Balita Positif dan Pasien Meninggal Usai Negatif Corona