Gugus Tugas Pacitan: Ada Tiga Titik Perhatian Tempat Penularan Corona

oleh -13290 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemerintah Kabupaten Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan setidaknya ada tiga titik perhatian tempat yang dapat menyebabkan penularan COVID-19.

“Pertama, kantor, agar setiap jam dibuka agar ada sirkulasi udara, apalagi kalau ber-AC dan tidak boleh terlalu lama,”kata Rachmad usai konferensi pers penambahan pasien positif COVID-19 pada Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: Tidak Menutup Kemungkinan Pacitan akan Melakukan Rapid Test Massal

Kedua, kata Rachmad, adalah restoran dan warung tempat kongkow. Restoran dan warung tempat kongkow tersebut juga perlu diperhatikan karena juga tempat berkumpulnya banyak orang.

“Ketiga, Kendaraan umum berdasar himbauan gugus tugas nasional juga menjadi sumber penularan COVID-19,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Sehingga, atas adanya potensi penularan tersebut, Rachmad berharap seluruh komponen gugus tugas kembali melalukan penertiban penggunaan masker dan protokol kesehatan.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Pacitan Kembali Bertambah Tiga, Satu Dinyatakan Sembuh

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dikutip Pacitanku.com dari laman covid19.pacitankab.go.id per Ahad (28/6/2020), gugus tugas telah memantau sebanyak 24.211 orang dalam risiko (ODR).

Gugus tugas juga sudah memantau 662 orang dalam pemantauan (ODP), 591 orang tanpa gejala (OTG), 18 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 24 pasien positif confirm COVID-19.

Dari total 24 pasien positif COVID-19 tersebut, dipantau sebanyak 12 pasien, 11 sudah sembuh dan 1 meninggal dunia.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Penjelasan Jubir Percepatan Penanganan COVID-19