Pacitan Bisa Kembali Masuk Zona Orange

oleh -13202 views
KONPERS. Jubir satgas COVID-19 Pacitan saat menjawab pertanyaan wartawan pada Kamis (7/5/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Mungkin masih menjadi pekerjaan rumah (PR) cukup rumit bagi Pemkab Pacitan, untuk menuju zona hijau sebaran covid-19. Bahkan status zona kuning yang baru disandang beberapa hari kemarin, akan kembali berubah menjadi zona orange. Mengingat penambahan pasien positif covid-19 dimungkin masih akan terjadi.

Juru bicara tim komunikasi publik percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, penentuan status zona merupakan kewenangan Pemprov Jatim.

Namun begitu, Rachmad mengaku pesimis kalau dalam waktu dekat ini, Pacitan akan masuk zona hijau.

“Kemungkinan penambahan pasien positif covid-19 masih akan berlangsung. Meski pasien yang sembuh juga bertambah,” ujarnya, Sabtu (27/6).

Malah, lanjut dia, status kuning yang belum lama ini disematkan oleh Pemprov Jatim, tidak menutup kemungkinan akan kembali berubah menjadi zona orange.

“Kita tunggu hasil dari provinsi. Kami menduga masih akan ada lagi penambahan pasien positif covid-19,” jelasnya.

Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini meminta masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan. Jaga jarak fisik dan selalu mengenakan masker, saat keluar dari rumah.

“Sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan selalu kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan