Pacitan Belum Bisa Menuju Zona Hijau Sebaran Corona

oleh -13145 views
KONPERS. Jubir penanganan COVID-19 Pacitan saat menyampaikan konpers pasien corona, Sabtu (6/6/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan, sepertinya masih sulit untuk menuju zona hijau sebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pasalnya, sampai detik ini, penambahan pasien positif covid-19, masih terus berlangsung. Bahkan, hingga Selasa (23/6) malam kemarin, Bupati Pacitan Indartato, masih mengumumkan adanya penambahan satu pasien positif COVID-19.

Juru bicara tim komunikasi publik penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, saat ini Pacitan masih masuk zona orange. Sebab selain masih adanya penambahan pasien positif COVID-19, juga ada yang meninggal dunia.

“Menuju kuning saja kita belum bisa. Sebab dari 21 pasien positif COVID-19, satu diantaranya ada yang meninggal dunia. Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) cukup berat bagi gugus tugas untuk penanganannya,” ujarnya, Rabu (24/6/2020).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini, syarat menuju zona hijau apabila sudah tidak ada lagi penambahan pasien positif COVID-19. Selain itu, perkembangan wabah virus SARS-CoV-2 harus lebih terkontrol.

“Dan jangan sampai ada yang meninggal dunia. Sementara di Pacitan ini, penambahan pasien positif COVID-19, masih bisa terjadi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ia meminta agar masyarakat lebih disiplin lagi dalam menjalankan protokol kesehatan. Terutama selalu pakai masker saat keluar dari rumah, dan selalu jaga jarak fisik (physical distancing) saat melakukan interaksi sosial.

“Jangan lupa sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir dan kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Lain itu, hindari berkerumun. Sebab saat ini wabah COVID-19 masih berlangsung,” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan