Tahapan Pilbup Pacitan Berjalan, Masyarakat Harus Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -13157 views

Pacitanku.com, PACITAN– Perhelatan Pilbup serentak ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19), memang akan muncul konsekuensi yang tidak enteng bagi penyelenggara. Apalagi sampai detik ini, jumlah masyarakat terpapar COVID-19 terus bertambah.

Kesadaran masyarakat, memang masih terbilang rendah. Mereka tak acuh dengan protokol kesehatan. Itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih nampak berkerumun di sejumlah tempat. Sementara tak sedikit dari mereka yang tanpa mengenakan masker. Duduk pun tanpa ada jarak. Hal inilah yang bisa saja memunculkan transmisi baru sebaran COVID-19.

Akan tetapi, terkait perhelatan Pilbup serentak, pemerintah pasti sudah banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan menyelenggarakan Pilbup ditengah badai coronavirus.

“Sebelum memutuskan bahwa Pilbup harus tetap dilaksanakan pada tahun 2020, tentunya penyelenggara, pemerintah serta gugus tugas sudah mempertimbangan berbagai faktor dengan segala kelebihan dan kekurangan,” ujar juru bicara tim komunikasi publik penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Ahad (21/6).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini, mengatakan, memang melihat displin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan masih ada beberapa yang masih menunjukkan kekurangan.

Namun tentunya hal ini tidak serta merta menjadi alasan untuk menunda Pilbup serentak.

“Karena kita tidak bisa secara pasti memperkirakan kapan coronavirus akan berlalu. Kita harus tetap optimis bisa menyelenggarakan pesta demokrasi ini meski ditengah pandemi,” harap Rachmad.

Tentunya semua harus mendapatkan dukungan dari masyarakat. Utamanya dalam mencegah agar tidak terjadi penularan COVID-19 saat dilaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pilbup ini.

“Semua harus menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, baik penyelenggaranya, dan semua komponen pelaksanaan Pilbup utamanya masyarakat. Semua pihak harus sadar dan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Minimal memakai masker dan selalu jaga jarak fisik (physical distancing)” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan