Geliat Kampung Tangguh Cegah Corona di Desa Jatimalang Arjosari

oleh -13321 views
KAMPUNG TANGGUH. Bupati Pacitan Indartato saat mengunjungi kampung tangguh Desa Jatimalang, Senin (15/6/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Komandan gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Pacitan Indartato kembali meresmikan kampung tangguh di Kabupaten Pacitan.

Setelah sebelumnya sejumlah kampung tangguh telah diresmikan di wilayah Kecamatan kota, kali ini kampung tangguh semeru diresmikan di Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari pada Senin (15/6/2020).

Baca juga: Kapolres Pacitan: Kampung Tangguh Semeru Bagian dari Upaya Cegah Penyebaran Corona

Indartato dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas upaya masyarakat Desa Jatimalang mewujudkan kampung tangguh semeru tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala desa Jatimalang dan seluruh jajarannya yang hari ini bisa melaksanakan kegiatan seperti ini,”kata Indartato.

Lebih lanjut, Indartato berharap kegiatan pencegahan COVID-19 di kampung semeru Desa Jatimalang tersebut terus dilaksanakan oleh warga setempat.

“Harapannya kegiatan ini berlanjut, mengapa? kunci kesehatan kita salah satunya adalah kampung tangguh semeru ini sudah betul-betul dicoba dan sekaligus diteliti semaksimal mungkin, sehingga corona takut masuk ke kampung semeru,”jelas pria yang juga Bupati Pacitan ini.

Baca juga: Begini Cara Desa Sumberharjo Bikin Kampung Tangguh Cegah Corona

Saat meresmikan kampung tangguh tersebut, Indartato juga berpesan agar masyarakat terus mengedepankan protokol kesehatan.

“Saya berharap protokol kesehatan mari sama-sama kita lalui, kita lakukan bersama dan kuncinya adalah kesadaran kita semua dan kediiplinan kita semua. Kuncinya adalah itu, sepanjang kita sadar dan disiplin. Saya yakin corona tidak akan masuk ke desa Jatimalang khususnya dan kecamatan arjosari umumnya,”pungkasnya.

KAMPUNG TANGGUH. Bupati Pacitan Indartato saat mengunjungi kampung tangguh Desa Jatimalang, Senin (15/6/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Sementara Ketua Kampung Tangguh Semeru Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari Suyatno melaporkan kegiatan kampung tangguh tersebut didukung semua unsur masyarakat di Desa Jatimalang.

“Mohon izin bapak bupati untuk kampung tangguh semeru, kami kemarin disini ada empat dusun, Dusun Purwo, Dusun Sinoman, Dusun Krajan Wetan dan Dusun Krajan Kulon, kami gunakan untuk kegiatan kampung tangguh,”katanya.

Seperti halnya di sejumlah kampung tangguh lainnya, kampung tangguh semeru di Desa Jatimalang juga terdapat sejumlah fasilitas dalam rangka pencegahan COVID-19, diantaranya ruang isolasi, lumbung pangan, pojok berbagi dan juga dilengkapi dengan area cuci tangan dan zona physical distancing.

Yang menarik, kampung tangguh yang diinisiasi oleh Desa Jatimalang ini terdapat sejumlah divisi yang mengatur pencegahan COVID-19, yakni divisi pangan, divisi kesehatan, divisi hiburan dan psikologi publik, divisi listrik dan air, divisi pemakaman, divisi kamtibmas, divisi komunikasi dan penyuluhan, divisi transportasi, divisi pendukung dan kemitraan serta divisi penghubung pangan dan energi.

Turut hadir dalam peresmian kampung tangguh semeru di Desa Jatimalang tersebut Kepala Polres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Komandan Kodim 0801/Pacitan yang diwakili oleh Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Pacitan Rachmad Dwiyanto, dan sejumlah tokoh dari unsur Forkopimda maupun Forkopimca.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Kampung Tangguh di Desa Jatimalang Arjosari