11 Pasien Positif Corona di Pacitan Ikuti Uji Swab Lanjutan

oleh -184 views
KONPERS. Jubir penanganan COVID-19 Pacitan saat menyampaikan konpers pasien corona, Sabtu (6/6/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 11 pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan, bakal kembali dilakukan uji swab lanjutan.

Selain itu, satu pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG), juga akan mengikuti uji swab kali kedua. Pasien tersebut merupakan keluarga santri Temboro, asal Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo.

Juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, dari 11 pasien positif COVID-19 tersebut, 10 orang diantaranya berasal dari klaster Temboro.

Sementara satu lainnya, sisa klaster asrama haji Sukolilo Surabaya.

“Mereka akan kembali di swab lanjutan, untuk memastikan apakah yang bersangkutan benar-benar sudah terbebas dari paparan COVID-19 ataukah belum,”ujarnya, Kamis (11/6/2020).

Sementara untuk lainnya, Rachmad menegaskan, sudah dilakukan uji swab dan hasilnya negatif.

“Ya hanya sebelas orang tersebut, ditambah satu OTG,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini meminta, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Terutama selalu memakai masker saat keluar dari rumah dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta mengedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Sebab hanya dengan cara itu, agar bisa memutus mata rantai penyebaran coronavirus,” tukasnya.

Tercatat hingga Rabu kemarin, dari total 16 pasien positif corona di Pacitan, 5 diantaranya sudah sembuh dan 11 masih dirawat. 5 pasien positif COVID-19 yang sembuh tersebut 4 diantaranya berasal dari klaster Sukolilo dari Desa Kembang Kecamatan Pacitan. Sementara 1 pasien positif COVID-19 yang sembuh lainnya berasal dari Desa Ketro Kecamatan Tulakan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan