Satu Pasien Positif Corona Dipindahkan dari RSUD dr Darsono ke Wisma Atlet Pacitan

oleh -13315 views
Juru bicara satgas penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Pacitan terus melakukan upaya optimal dalam proses penyembuhan pasien positif corona.

Selain pengobatan dan perawatan, upaya pemulihan psikologis juga terus dilakukan jajaran gugus tugas COVID-19.

“Selain pengobatan untuk penyembuhan virus corona, tim kesehatan juga berfokus pada penyembuhan pasien secara psikologis,”kata juru bicara gugus tugas COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto, saat dihubungi Pacitanku.com, Sabtu (6/6/2020).

Sebagai contoh, Rachmad mengatakan pada Jumat (5/6/2020) malam, pihaknya telah memindahkan satu pasien positif corona nomor 01 dari RSUD dr Darsono ke Wisma Atlet di lingkungan Jaten, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Rachmad beralasan, pemindahan tersebut untuk menyikapi adanya kemungkinan kejenuhan dalam diri pasien yang dirawat di RSUD dr Darsono lebih dari 1 bulan lamanya.

“Pengaruh penyembuhan virus ini juga harus didukung psikologis yang sehat, sehingga dengan suasana baru ini dapat meningkatkan imunitas pasien,”tandasnya.

Rachmad berharap, dengan adanya suasana baru tersebut dapat menghilangkan kejenuhan pasien selama di RSUD dr Darsono.

“Kita semua berharap, dengan suasana baru ini pasien terkonfirmasi COVID-19 yang dulu di RSUD dr Darsono dan sekarang kita pindah ke wisma Atlet dapat segera sembuh dari virus COVID-19,”pungkasnya.

Lebih lanjut, Rachmad mengatakan pihaknya sudah melakukan swab terhadap pasien positif nomor 01 tersebut sebanyak 9 kali, namun virus corona masih bersarang di tubuhnya, meski keadaan fisik pasien tersebut dalam keadaan bugar.

Dengan dipindahkannya 1 pasien tersebut ke wisma atlet, total pasien positif corona yang dirawat di RSUD dr Darsono tinggal 2 pasien yang semuanya merupakan dari klaster Sukolilo.

Sementara sebanyak 10 pasien positif corona dirawat di wisma atlet, dengan rincian 1 pasien dari klaster Sukolilo dan 9 lainnya dari klaster Temboro. Selain 10 pasien positif corona, di wisma atlet saat ini juga tengah dikarantina 1 orang tanpa gejala (OTG) dari Desa Pagerejo, Ngadirojo. Sehingga total yang dirawat di wisma atlet sejumlah 11 orang, terdiri dari 10 pasien positif corona dan 1 OTG.

Data hingga Jumat (5/6/2020) kemarin, gugus tugas mencatat sebanyak total 15 pasien positif corona di Pacitan. Dimana dari 15 pasien tersebut, 3 diantaranya sudah selesai pemantauan atau sudah sembuh. Sementara 12 lainnya masih dirawat.

Selain kasus positif COVID-19 tersebut, berdasarkan data yang diperoleh Pacitanku.com dari laman covid19.pacitankab.go.id, satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 24.003 per Jumat siang.

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 22.873 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 611 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), 16 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 488 OTG.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan