Wabup Pacitan Berencana Hentikan Semua Kegiatan yang Berpotensi Menghadirkan Massa

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo mengimbau agar kedepan semua kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang berpotensi mendatangkan massa untuk dikurangi. Atau bahkan untuk lebih amannya, agar semua kegiatan perlombaan ditiadakan. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran coronavirus disease 2019 (covid-19).

Wabup menegaskan, Pemkab Pacitan akan mengikuti instruksi pemerintah diatasnya. Apalagi saat ini badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) telah menginstruksikan agar Presiden Joko Widodo menetapkan sebagai darurat nasional covid-19. Selain itu Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta juga telah mengambil langkah menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

“Kita juga harus menyelaraskan apa yang diinstruksikan oleh pemerintah diatasnya. Jangan sampai karena kita lebih mengedepankan euforia namun pada akhirnya berujung masalah. Ini yang harus kita antisipasi sedari dini,” kata Wabup Yudi, melalui ponselnya, Sabtu (14/3).

Ia mengakui, posisi pemerintah sangat dilematis. Disatu sisi bagaimana agar beragam kegiatan bisa terlaksana sesuai rencana. Namun disatu sisi, negara dalam situasi genting adanya serangan virus dari Wuhan, Tiongkok.

“Kalau tetap kita bebaskan, nanti kalau ada sesuatu hal, pemerintah yang akan disalahkan. Karena itu, lebih baik semua kegiatan ditunda atau bila perlu ditiadakan sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Ya seperti instruksi Pak Wali Kota Solo. Karena KLB, semua kegiatan, bahkan kunjungan wisata harus di lockdown,” bebernya.

Wabup juga meminta kegiatan car free day (CFD) untuk sementara waktu bisa ditunda. Meski output dari kegiatan tersebut sangat bagus buat kesehatan.

“Akan tetapi sekali lagi, disitu akan banyak menghadirkan massa. Kita tidak bisa menyeleksi satu demi satu orang yang datang. Oleh sebab itu dari pada berisiko lebih baiknya sementara waktu ini bisa dihentikan,” tegas orang nomor dua di Pemkab Pacitan ini.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, mengatakan, kalau dirinya hanya melaksanakan apa yang menjadi kebijakan Wabup. Sebab saat ini Bupati Pacitan Indartato, lagi sakit.

“Jadi tugas beliau kan diganti sama Pak Wabup. Apa yang akan diputuskan, akan kami laksanakan. Termasuk semua kegiatan perlombaan kalau mungkin harus dihentikan, ya akan kita hentikan demi mengantisipasi segala hal yang tidak diharapkan,” ujarnya secara terpisah.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.