Bupati Indartato Gelar Deklarasi Pacitan Sehat Cegah Covid-19

oleh -13242 views

Pacitanku.com, PACITAN— Sebagaimana imbauan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Indonesia harus bisa terhindar dari serangan coronavirus (covid-19). Untuk itulah hari ini, seluruh kabupaten/kota di Indonesia menggelar deklarasi bersama.

Di Pacitan sendiri, sesuai arahan dan instruksi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, juga melangsungkan deklarasi bersama bertajuk #pacitansehat.

Deklarasi yang dilangsungkan di Alun-alun Kota Pacitan tersebut dipimpin langsung Bupati Pacitan Indartato, Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto dan Dandim 0801 Pacitan, Letkol Nuri Wahyudi.

Selain itu seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) juga hadir menyemarakkan kegiatan tersebut.

“Masyarakat juga cukup antusias mengikuti kegiatan deklarasi yang dirangkaikan dengan kegiatan car free day tersebut,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka, Ahad (8/3/2020).

Menurut Hendra, kegiatan deklarasi bersama itu sebagai tindak lanjut dari instruksi dan arahan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Kita getol memberikan sosialisasi bagaimana langkah-langkah pencegahan, agar kita bisa terhindar dari covid-19 tersebut,” jelas Hendra disela-sela kegiatan deklarasi.

Hendra menegaskan, dalam salah satu agenda deklarasi itu, ditekankan, bagaimana masyarakat bisa melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain menerapkan pada diri sendiri, juga lingkungan sekitar.

“Sebab hanya dengan cara itu, kita bisa terhindar dari segala macam penyakit. Begitupun covid-19 akan menyingkir dengan sendirinya,” beber pria yang juga masih menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini.

Selain itu, juga diimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat seandainya mengalami sakit.

“Sehingga dari awal akan segera terdeteksi penyakit yang tengah dialaminya itu,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Hendra juga menegaskan, kalau selama ini belum dan tidak ada masyarakat di Pacitan yang suspeck tekena serangan covid-19. Namun begitu, ia tetap mengimbau masyarakat selalu waspada.

“Terutama bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat, dan atine selalu senang. Cara itu yang bisa menangkal penyakit,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan