Cegah COVID-19, DMI Pacitan Minta Umat Islam Jaga Kebersihan Masjid

oleh -13314 views
Ketum DMI Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Imam Addaruqutni. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pacitan, KH Moh Nurul Huda, mengimbau kepada seluruh umat Islam di Pacitan, untuk tidak berlebihan menyikapi serangan virus corona (COVID-19) yang sekarang ini sudah menyerang dua warga Depok, Jawa Barat.

Ia meminta agar umat Islam, bisa menyikapi dengan sabar dan selalu berserah diri kepada Allah SWT.

“Ketika kita ini sakit, maka yang terbaik sikapi secara lahiriah, yaitu dengan cara berobat. Dan sikapi pula secara batiniah, yaitu dengan lebih memperbanyak sholawat Tibbil Qulub, agar kita terhindar dari penyakit,” ujarnya, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (5/3/2020).

Huda juga menegaskan, bagi umat Islam yang sakit, bukan menjadi larangan untuk datang ke masjid. Namun ia mengimbau, agar mereka bisa menjaga lingkungan sekitar (jemaah yang sehat).

Misalnya dengan memakai masker atau penutup hidung dan mulut agar tidak terjadi percikan atau tetesan ingus yang berpotensi mengakibatkan penularan.

“Virus Corona ini penularannya tidak melalui udara, namun melalui percikan atau tetesan dari si sakit. Sehingga, tidak ada salahnya atau larangan bagi umat muslim yang sakit untuk beribadah ke masjid,” tutur Nurul Huda yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) ini kepada pewarta.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengurus masjid di kabupaten Pacitan, untuk selalu menjaga kebersihan.

Seperti di Masjid Agung Darul Fallah, setiap pagi, siang dan sore hari, selalu ada petugas kebersihan yang melakukan pembersihan. Mulai karpet lantai, toilet, tempat wudu dan juga lingkungan pertamanan.

“Masjid jangan sampai terlihat becek, kumuh dan kotor. Seharusnya, setiap hari ada petugas yang melakukan pembersihan,” imbau Nurul Huda.

Sementara itu, dalam siaran persnya, DMI Pusat mengeluarkan imbauan kepada seluruh masjid di wilayah Indonesia, agar ikut berpartisipasi mencegah virus corona. DMI meminta masjid-masjid menjaga kebersihan lantai sampai toilet masjid.

“Teratur menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan disinfektan,” kata Sekjen DMI,  Imam Addaruqutni, melalui ponselnya, Kamis (5/3/2020).

Ia juga mengimbau agar karpet alas masjid dan alat lainnya bisa dibersihkan dengan vacumm cleaner atau penyedot debu. “Menjaga kebersihan karpet dan alas alat lainnya dengan rutin,” imbuhnya.

Selain itu, masjid-masjid juga diminta menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfektan. Imam juga meminta agar masjid mengimbau jemaahnya membawa sajadah dari rumah masing-masing.

“Mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing,” jelasnya.

Menurut Imam, imbauan tersebut tertuang dalam surat nomor 041/PP-DMI/A/II/2020. Surat tersebut ditanda tangani Sekjen DMI Imam Addaruqutni dan Ketum DMI Jusuf Kalla.

Tak hanya itu, DMI Pusat juga meminta para jemaah yang mengalami demam dan gejala flu agar lebih baik melaksanakan ibadah di rumah masing-masing. Masjid juga diimbau mengawasi penyebaran atau penularan virus corona.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan