Dinas PUPR Pacitan Sudah Berulangkali Koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo

oleh -13385 views
DAS Aliran Grindulu di Dusun Ngawen, Semanten mengalami keretakan akibat banjir. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas PUPR Kabupaten Pacitan, Yudo Tri Kuncoro, memberikan tanggapan terkait bencana alam banjir di Dusun Ngawen, Desa Semanten, Kecamatan/Kabupaten Pacitan yang terjadi 23 Januari lalu.

Yudo mengatakan, terkait kerusakan infrastruktur sungai akibat bencana alam banjir Tahun 2017/2018 yang belum tertangani, pihaknya sudah acap kali melakukan koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo.

“Kami tak henti melakukan koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo selaku pemilik kewenangan sungai-sungai di Pacitan. Dan BBWS Bengawan Solo berjanji akan menjadikan titik-titik tersebut sebagai prioritas untuk ditangani,” kata Yudo, Kamis (27/2).

Yudo Tri Kuncoro

Yudo menegaskan,  pada tanggal 6 Pebruari 2020 Kepala Satker OP BBWS Bengawan Solo, PPK OP 3 BBWS Bengawan Solo bersama Dinas PUPR Pacitan telah meninjau lokasi dampak bencana  Tahun 2017/2018 yang belum tertangani. Termasuk kerusakan tebing sungai Grindulu Desa Semanten.

“Pada tanggal 25 Februari 2020, Tim Kaji Cepat (TKC) dari Direktorat Bina OP Kementerian PUPR, telah melakukan verifikasi di 4 lokasi prioritas (termasuk grindulu Desa Semanten). Menurut informasi dari pihak BBWS Bengawan Solo, ke-4 lokasi tersebut akan segera ditangani. Mudah-mudahan informasi tersebut benar,” jelasnya.

Yudo berharap dengan penjelasannya itu, setidaknya akan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat luas. Bahwa Dinas PUPR sudah berupaya agar dampak bencana alam banjir, bisa segera ditangani oleh lembaga atau institusi yang berwenang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan