Warga Krajan Sirnoboyo Kini Punya Masjid Baru Tepat Saat Hari Jadi Pacitan

oleh -13561 views
MASJID BARU. Warga Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan memiliki masjid baru. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Warga Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan tengah bergembira.

Pasalnya, bertepatan dengan momen Hari Jadi Pacitan ke-275, warga setempat juga menggelar syukuran atas selesainya pembangunan masjid di kawasan tersebut pada Kamis (20/2/2020).

Masjid dengan nama Masjid Muhammad  Abdurahman As Syakakkir tersebut merupakan bantuan dari Muhsinin Saudi Arabia melalui Direktur World Assemby of Muslim Youth (WAMY) Indonesia Aang Suwandi.

Masjid ini dibangun di atas tanah wakaf milik Subagyo, warga RT IV, Krajan, Sirnoboyo. Tanda diresmikannya masjid dengan pengguntingan pita dan diserahkannya kunci pintu oleh Direktur WAMY kepada Ketua Takmir masjid setempat.

Peresmian masjid tersebut disaksikan Bupati Pacitan yang diwakili Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setkab Arbangi, perwakilan kantor Kementerian Agama, Kepala Desa Sirnoboyo dan ratusan tamu warga setempat.

Sukatno, salah satu warga setempat mengatakan selesainya pembangunan masjid tersebut sebagai salah satu bentuk terkabulnya doa-doa jamaah.

“Kami dulu memohon agar masjid yang atapnya rusak dan bangunannya sudah tua ini dapat di perbaiki, Alhamdulillah Alloh mempertemukan saya dengan bu Ririn Subianti, anggota DPRD Pacitan yang memfasilitasi pembangunan masjid ini,”kata pria yang juga takmir masjid tersebut.

Ririn sendiri diketahui menjadi fasilitator masyarakat dusun krajan, desa Sirnoboyo untuk mendapatkan bantuan masjid dari WAMY Indonesia.

Dalam sambutannya, Ririn mengatakan masjid ini terwujud atas doa jamaah, sehingga dirinya bersama Direktur WAMY yang menghubungkan doa dengan donatur dari Arab Saudi.

“Sekaligus pelunasan janji utang saya pada masyarakat di kala tempo berjanji untuk memfasilitasi pembagunan masjid ini,”tandasnya.

Setelah diresmikan, Ririn yang juga anggota fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan (FGKP) DPRD Pacitan ini mengatakan masjid secara langsung masjid ini menjadi milik warga masyarakat Dusun Krajan Desa Sirnoboyo.

“Oleh karenanya saya berharap masjid ini dapat menjadi makmur dan menjadikannya  senagai  simbol persatuan  sesama umat islam,”pungkas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan