Meski Anggaran Minim, Perpani Pacitan Sukses Cetak Atlet Panahan Wanita Berprestasi

oleh -13628 views
Selvyana Aulia Nisa (tengah) berhasil menyabet tiga medali perak dalam kejurda kelompok umur panahan Jatim. (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu lagi prestasi gemilang ditorehkan Srikandi asal Pacitan dalam kejuaraan daerah (Kejurda) panahan Jatim Tahun 2020.

Salah satu atlet panahan Pacitan, Selvyana Aulia Nisa, berhasil menyabet tiga medali perak dalam kejurda kelompok umur panahan Jatim Tahun 2020 yang diselenggarakan tanggal 15 Februari lalu.

“Ini prestasi sangat membanggakan. Sebab Selvyana merupakan satu-satunya atlet wanita panahan dan satu-satunya pemanah asal Pacitan yang berhasil menyabet tiga medali perak sekaligus di ajang kejurda Jatim tahun 2020,” kata Mi’roj Hajar Aswad, salah satu pelatih panahan Pacitan, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (20/2/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Mic ini, Selvyana berhasil menyabet tiga medali perak ditiga kelas. Yakni medali perak jarak 30 sesi satu, kemudian medali perak jarak 30 sesi dua dan medali perak total skor.

Selvyana Aulia Nisa bersama Kepala SMAN 1 Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

“Selvyana berhasil meraih juara dua dalam tiga kelas tersebut. Tentu tiga medali perak berhasil ia gondol untuk dibawa pulang ke Pacitan sebagai lambang prestasi sangat membanggakan bagi Perpani maupun sekolah dan juga daerah asal,” tutur Mic yang juga seorang guru kursus bahasa Inggris ini pada pewarta.

Bukanlah hal mudah untuk bisa meraih sebuah prestasi emas seperti yang ditorehkan Selvyana. Apalagi dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Perpani selama ini. Menurut Mic, dalam setahun Perpani hanya mendapatkan Rp 15 juta dari KONI untuk melakukan pembinaan atlet. Anggaran  tersebut dinilainya sangat minim.

 “Namun begitu, dengan bermodalkan tekad kami bisa mengirimkan lima atlet panahan di Kejurda Jatim lalu. Mereka berangkat dengan biaya sendiri, meskipun pada akhirnya kami bisa mencetak sebuah prestasi sangat membanggakan,” tuturnya.

Diakuinya, untuk persiapan mengikuti laga di Kejurda itu, para atlet panahan Pacitan, termasuk Selvyana hanya melakukan sesi latihan selama sepekan. Sebab ia harus mengedepankan prestasi akademiknya. Saat ini ia masuk duduk di kelas XV SMAN 1 Pacitan.

“Selvyana baru setahun ikut latihan memanah. Itupun hanya mengambil waktu luang, diluar pelajaran sekolah dan pendidikan ekstra. Akan tetapi, hasil yang dia capai sangatlah luar biasa. Semoga kedepan ada perhatian lebih dari pemkab, dengan harapan akan kembali lahir atlet-atlet berprestasi seperti Selvyana,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan