Tanggapi Survei LSI Network Jatim, Ronny Wahyono: Politik Masih Sangat Dinamis

oleh -13480 views
BERTEMU SBY. Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan Ronny Wahyono saat bertemu dengan Ketua DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon bupati (Bacabup) Pacitan Ronny Wahyono turut menanggapi hasil survei yang dipublikasikan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Network Jawa Timur yang digelar pada Senin (10/2/2020) di Pacitan.

Menurut Ronny, dirinya bersyukur bahwasanya peringkat pertama sampai ketiga diduduki oleh Kader Partai Demokrat. “Berarti menunjukkan tingginya animo masyarakat terhadap para calon Bupati dari Partai Demokrat,”kata Ronny saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Senin malam.

Baca juga: Survei LSI Network Jatim: Swing Voter Pilbup Pacitan Masih Tinggi, Capai 68%

Selain itu, Ronny menyebut politik masih sangat dinamis setelah melihat angka pemilih tidak loyal atau swing voter yang masih cukup tinggi, yakni mencapai 68,4%.

“Hal ini menunjukkan bahwasanya politik ini masih sangat dinamis,”kata Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) DPRD Pacitan itu.

Selanjutnya, Ronny mengatakan adalah terkait lembaga survei. Lembaga survei yang digunakan, haruslah lembaga survei yang sudah direkomendasikan oleh DPP Partai Demokrat seperti yang tertuang dalam Juklak DPP.

“DPP Partai Demokrat menetapkan 16 lembaga survey diantaranya RTK, LSI, Polmark, SMRC, Indikator, JSI, Cirus, Vox Populi, Indo Barometer, LP3ES, Charta Politica, CSIS, Kedai Kopi, IndekStat, Transmedia Society Development, Politician Academy dan lembaga survei yang disetujui oleh DPP Partai Demokrat,”jelas Ronny.

Atas hasil yang sudah dipublikasikan itu, Ronny berharap agar persaingan sesama internal Partai Demokrat berjalan dengan sehat dan santun. “Demi kemajuan Kabupaten Pacitan dan Partai Demokrat Pacitan kedepan yang lebih baik lagi,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, dalam survei tersebut, Bacabup yang juga Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji atau Aji berada di posisi pertama dengan prosentase 17,7%, kemudian disusul Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dengan prosentase 5,9%.

Baca juga: Survei LSI Network Jatim: Indrata Nur Bayuaji Unggul di Internal Partai Demokrat

Sementara posisi ketiga adalah Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan Ronny Wahyono dengan prosentase 5,5 %, diikuti Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Luki Tribaskorowati 1,4% dan guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sudijono Sastroatmodjo 1,1% di posisi kelima.

Survei yang digelar pada 12-20 Januari 2020 tersebut dilakukan dengan wawancara 440 responden dengan margin of error sebesar 4.8%. Metode yang digunakan LSI Network Jatim adalah dengan metode multistage random sampling menggunakan teknik wawancara tatap muka.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan